IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PADA LEMBAGA BAZNAS DALAM MENJAGA CITRA BAIK LEMBAGA TERHADAP MASYARAKAT (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Tulungagung)

SITI ZULAEKAH, 12404193040 (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PADA LEMBAGA BAZNAS DALAM MENJAGA CITRA BAIK LEMBAGA TERHADAP MASYARAKAT (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Manajemen Risiko Pada Lembaga BAZNAS Dalam Menjaga Citra Baik Lembaga Terhadap Masyarakat (Studi Kasus di BAZNAS Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Siti Zulaekah, NIM 12404193040, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang di bimbing oleh bapak Siswahyudianto, M.M Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa implementasi manajemen risiko pada lembaga filantropi islam seperti BAZNAS Kabupaten Tulungagung jarang diketahui oleh masyarakat awam. Selain itu dalam rangka menjaga citra baik lembaga melalui implementasi manajemen risikonya diharapkan mampu melakukan evaluasi, pengendalian dan pengawasan terkait segala kegiatan manajemen yang dilakukan di BAZNAS Kabupaten Tulungagung sehingga dapat mempertahankan eksistensi, reputasi dan prestasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui optimalisasi dalam mengimplementasikan manajemen risiko pada BAZNAS Kabupaten Tulungagung dalam rangka menjaga citra baik lembaga terhadap masyarakat. Penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: Bagaimana implementasi manajemen risiko pada BAZNAS Kabupaten Tulungagung? Bagaimana peranan implementasi manajemen risiko pada BAZNAS Kabupaten Tulungagung dalam rangka menjaga citra baik lembaga terhadap masyarakat? Bagaimana kendala dan strategi BAZNAS Kabupaten Tulungagung melalui implementasi manajemen risikonya dalam rangka menjaga citra baik lembaga terhadap masyarkat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara studi, dokumentasi. Sumber data yang di dapat yaitu sumber data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif untuk mendiskripsikan secara teoritis, sistematis, dan faktual, serta akurat, penarikan kesimpulan pengecekan keabsahan temuan menggunakan metode trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi manajemen risiko pada BAZNAS Kabupaten Tulungagung telah dilaksanakan dan teridentifikasi terdapat 7 jenis risiko diantaranya yaitu: risiko strategis, risiko operasional, risiko properti, risiko edukasi, risiko amil dan relawan, risiko muzaki dan mustahiq, risiko pencatatan dan pelaporan kemudian dikelola dan dipertimbangkan dalam mengambil keputusan terkait mitigasi yang tepat untuk risiko tertentu. Peranan implementasi manajemen risiko pada BAZNAS Kabupaten Tulungagung yaitu dapat mengidentifikasi, mengelola dan memitigasi kemungkinan risiko terjadi, meningkatkan kepercayaan masyarakat, meningkatkan kualitas dan mutu SDM, meningkatkan eksistensi, reputasi dan prestasi serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap muzaki dan mustahiq. Adapun kendala dan strategi menjadi satu kesatuan utuh dalam mengatasi jenis risiko yang ada di BAZNAS Kabupaten Tulungagung. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Risiko, BAZNAS Kabupaten Tulungagung, Reputasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:26
Last Modified: 07 Aug 2023 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38395

Actions (login required)

View Item View Item