ULIN NIHAYAH, 12210193060 (2023) INOVASI GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI KELAS VIII. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (488kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (730kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (600kB) |
Abstract
Nihayah, Ulin. 2023. Inovasi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Teks Puisi Kelas VIII. Skripsi, Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Inovasi, Guru Bahasa Indonesia, Pembelajaran Teks Puisi Kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran, salah satunya pembelajaran teks puisi. Pembelajaran teks puisi merupakan salah satu kompetisi yang dipelajari di jenjang SMP Kelas VIII. Sehubungan dengan itu, guru Bahasa Indonesia di SMPN 2 Sumbergempol menggunakan berbagai komponen pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dalam pembelajaran. Penggunaan metode dan media disesuaikan dengan kondisi lingkungan belajar yang terdapat di kedua sekolah tersebut. Untuk menjunjung keberhasilan dalam pembelajaran, inovasi guru sangat diperlukan dalam pembelajaran. Inovasi guru Bahasa Indonesia dibutuhkan selama proses pembelajaran dari tahap persiapan, tahap inti, dan tahap evaluasi. Berdasarkan pengalaman selama magang di salah satu sekolah tersebut, diketahui terdapat kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran berbasis karya, salah satunya teks puisi. Sehingga teks puisi dipilih untuk mengetahui inovasi yang dilakukan guru Bahasa Indonesia di kedua sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi dalam pembelajaran teks puisi yang dilakukan guru dari tahap persiapan, inti, dan evaluasi. Inovasi guru diketahui dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara terstruktur yang berisi pertanyaan inovasi guru. Data dari hasil wawancara diproses dalam empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pola dari tahap tersebut, menghasilkan data yang jelas. Data inovasi guru dipaparkan berdasarkan aspek inovasi dari faktor guru melakukan inovasi, tahap persiapan, tahap inti, dan tahap evaluasi pembelajaran. Faktor yang melatarbelakangi guru Bahasa Indonesia di SMPN 2 Sumbergempol dalam melakukan inovasi pembelajaran teks puisi adalah pemahaman karakter dan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran berbasis karya sastra. Tahap persiapan terdapat empat subaspek inovasi yang dilakukan guru, yaitu inovasi dan orisinal dalam penyusunan RPP, penanaman pendidikan karakter melalui pembiasaan positif, motivasi dengan pemberian edukasi bahwa pembelajaran teks puisi mempunyai manfaat yang besar, dan ice breaking dengan melakukan kegiatan yang membangkitkan semangat siswa. Tahap inti diterapkan inovasi dengan guru mencontohkan membaca puisi, pengawasan penuh untuk mengontrol siswa, penggunaan media pembelajaran visual, penerapan metode TANDUR. Tahap evaluasi terdapat inovasi dari kegiatan penilaian, kegiatan apresiasi, dan upaya guru dengan memberi pendampingan, pengarahan dan semangat terhadap siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210193060 ULIN NIHAYAH |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:15 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 06:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38417 |
Actions (login required)
View Item |