UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

LAELA KHAFIFAH, 12201193152 (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Penguatan Pendidikan Akhlak Untuk Menghadapi Era Society 5.0 Di MA ATThohiriyah Ngantru Tulungagung”, ini di tulis oleh Laela Khafifah, NIM 12201193152, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata kunci: Guru PAI, Pendidikan Akhlak, Era Society 5.0 Pendidikan akhlak merupakan suatu proses atau sarana penyalur ilmu pengetahuan dan penerapan nilai-nilai moral dan agama yang di tanamkan kepada peserta didik melalui ilmu pengetahuan, penerapan nilai-nilai yang baik terhadap diri sendiri, keluarga, sesama teman, terhadap lingkungan pendidikan dan lingkungan sekitar. Dalam era Society 5.0 ini pasti akan memiliki banyak pengaruh terhadap pendidikan. Itulah sebabnya diperlukan upaya guru PAI sebagai salah satu pihak yang memiliki kewajiban agar siswa mampu memiliki kemampuan dalan agar memiliki moral dan akhlak yang baik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penguatan Pendidikan Akhlak Untuk Menghadapi Era Society 5.0 Di MA AT-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana kesiapan guru dan siswa dalam menghadapi Era Society 5.0 Di MA ATThohiriyah Ngantru? (3) Bagaimana Dampak Penguatan Pendidikan Akhlak Untuk Menghadapi Era Society 5.0 Di MA AT-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian meliputi: (1) upaya guru PAI dalam penguatan pendidikan akhlak untuk menghadapi era society dengan: lebih mengedepankan pembinaan akhlak siswa, dengan pendidikan akhlak yang bagus dapat menjadi pondasi pada diri siswa dan menanamkan nilai-nilai moral melalui kegiatan keagamaan (2) kesiapan guru dan siswa dalam menghadapi era society 5.0 terdiri dari: menyiapkan wadah untuk perkembangan masa depan siswa dalam menghadapi era society 5.0 sebagai berikut konsistensi, adaptif, dengan memberikan pembinaan yang dibutuhkan, mengadakan pelatihan yang mendukung pada peningkatan kreatifitas, dan memberikan rekomendasi beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. (3) dampak penguatan pendidikan akhlak untuk menghadapi era society meliputi: dampak positifnya memiliki karakter yang baik, yang dapat berupa rasa sopan santun terhadap siapa saja terutama kepada orang yang lebih tua, saling menghormati dan menghargai, memiliki etika atau tata krama yang baik. Sedangkan dampak negatifnya terdapat faktor penghambat dalam penguatan pedidikan akhlak yaitu kurangnya pemahaman siswa, dan perbedaan latar belakang peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193152 Laela Khafifah
Date Deposited: 21 Aug 2023 12:09
Last Modified: 21 Aug 2023 12:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38420

Actions (login required)

View Item View Item