STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BAIK DAN BENAR PADA PROGRAM MADIN DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

SITI AMIROTUD DIANA, 12205193146 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BAIK DAN BENAR PADA PROGRAM MADIN DI MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Siti Amirotud Diana, 2023. Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Al- Qur’an dengan Baik dan Benar Pada Program Madin di Mi Darussalam Wonodadi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Drs. H. Timbul M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Motivasi Membaca Al-Qur’an Motivasi merupakan suatu dorongan yang dapat mengakibatkan seseorang melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Motivasi berfungsi untuk mendorong manusia berbuat, menentukan arah perbuatan, serta menyeleksi perbuatan-perbuatan yang harus dikerjakan guna mencapai tujuan. Pemberian motivasi bertujuan untuk mengasah kemampuan seseorang. Pemberian motivasi dalam membaca Al-Qur’an sangat diperlukan strategi yang tepat sehingga dapat mecapai pada tujuan-tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeksripsikan langkah awal guru dalam memberikan motivasi siswa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar pada program madrasah diniyah di Mi Darussalam Wonodadi, (2) mendeskripsikan kualitas kemampuan siswa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar pada program madrasah diniyah di Mi Darussalam Wonodadi, (3) mendeskripsikan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pada strategi guru dalam memberikan motivasi siswa terkait bagaimana cara membaca Al- Qur’an dengan benar pada program madrasah diniyah di Mi Darussalam Wonodadi. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Mi Darussalam Wonodadi Blitar. Data yang peneliti dapatkan adalah dari Kepala Sekolah, Ustadzah Madin, dan Siswa. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi dalam memotivasi siswa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar pada program madin di Mi Darussalam Wonodadi adalah dengan pemberian reward atau penghargaan, pemberian pujian, dan pemberian evaluasi. (2) kualitas kemampuan siswa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar pada program madrasah diniyah di Mi Darussalam Wonodadi adalah terbilang 80% kualitas siswa dalam membaca Al-Qur’an dan Jilid sudah dapat dikatakan baik, akan tetapi 20 % kualitas siswa masih belum dapat dikatakan baik. (3) faktor yang menjadi penghambat dan pendukung pada strategi guru dalam memberikan motivasi siswa terkait bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar pada program madrasah diniyah di Mi Darussalam Wonodadi adalah faktor penghambat yang meliputi siswa yang belum dapat menerima motivasi dalam membaca Al-Qur’an yang diberikan oleh ustadz maupun ustadzah, kurang sesuainya tajwid dan makharijul huruf, dan munculnya rasa malas pada siswa ketika membaca Al-Qur’an, sedangkan faktor pendukung meliputi munculnya rasa semangat siswa dalam membaca Al-Qur’an, fasih dan lancar dalam membaca Al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193146 SITI AMIROTUD DIANA
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:08
Last Modified: 08 Aug 2023 06:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38430

Actions (login required)

View Item View Item