KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH PASCA PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG PENDIRIAN BUMDES (Studi Kasus di Desa Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung)

MUHAMAD FAHRUDY ALWAFA ALI, 12101193118 (2023) KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH PASCA PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG PENDIRIAN BUMDES (Studi Kasus di Desa Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (932kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (815kB)

Abstract

M. Fahrudy Al Wafa Ali, NIM. 12101193118, Kinerja Badan Usaha Milik Desa Ditinjau Dari Fiqih Muamalah Pasca Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Pendirian BUMDES (Studi Kasus di Desa Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, UIN SATU Tulungagung, 2023, Pembimbing: Dr. Budi Kolistiawan, S.Pd., M.E.I Kata Kunci: Badan Usaha Milik Desa, Kinerja, Fiqih muamalah, PP No. 11 Tahun 2021 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya PP Nomor 11 yang diterbitkan pada tahun 2021 tentang BUMDes. Dengan adanya PP tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan beberapa aturan yang telah berlaku sebelumnya. Sehingga penting untuk mengkaji kinerja BUMDes setelah pemberlakuan regulasi tersebut. Kinerja BUMDes tersebut dikaitkan dengan prinsip pada fiqih muamalah yang relevan. Sehingga dapat diketahui kesesuain praktek muamalah berdasarkan hukum agama Islam. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana kinerja Badan Usaha Milik Desa di Desa Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung pasca pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDes? (2) Bagaimana kendala yang dihadapai dalam operasional Badan Usaha Milik Desa di Desa Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung pasca peberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDes? (3) Bagaimana tinjauan fiqih muamalah dalam operasional Badan Usaha Milik Desa di Desa Tegalrejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung pasca pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDes? Penelitian dilaksanakan di BUMDes Tegaljaya milik desa Tegalrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan kondensasi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Belum ada perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah diterbitkannya peraturan pemerintahan Nomor 11 Tahun 2021. (2) kendala yang dihadapi dalam operasional BUMDes Tegaljaya diantaranya yaitu kurangnya partisipasi masyarakat, kekurangan modal usaha, sumberdaya yang tidak kompeten. (3) Ditinjau berdasarkan fiqih muamalah BUMDes relevan dengan konsep mudharabah, suka sama suka (ridho), keadilan, dan tolong menolong. Selain itu, prinsip kerjasama yang dilaksanakan sudah sesuai dengan syariat yang ada yakni tidak melanggar hukum-hukum yang berlaku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12405193146 MOCH CHOLIL TANTOWI
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:21
Last Modified: 08 Aug 2023 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38448

Actions (login required)

View Item View Item