HUBUNGAN IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MTSN 3 BLITAR

WAVIKA SIFANA, 12201193217 (2023) HUBUNGAN IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MTSN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)

Abstract

Sifana, Wavika. 2023. Hubungan Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Dengan Karakter Religius Peserta Didik MTsN 3 Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag Kata kunci : Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Religius. Peserta didik harus mendapatkan pendidikan yang menempatkan karakter sebagai potensi rohani, yakni dengan diwujudkan dalam bentuk amal shaleh dan menghasilkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa serta mempunyai akhlak mulia. Salah satu langkah untuk membentuk karakter religius adalah dengan menghafal Al-Qur’an. Menghafal, membaca dan mempelajari Al- Qur’an dapat menumbuhkan karakter atau akhlak mahmudah yang terhindar dari karakter atau akhlak tercela. Peserta didik harus memiliki nilai-nilai religius yang digolongkan menjadi dua yakni nilai yang berhubungan antara individu dengan Tuhannya (Ilahiyah) dan nilai yang berhubungan antara individu dengan lingkungan sosial disekitarnya (Insaniyah). Oleh karena itu, peneliti terfokus pada proses Tahfidz Al-Qur’an dan kegiatan keagamaan yang diterapkan pada program kelas Tahfidz Al-Qur’an MTsN 3 Blitar dan berharap bisa dijadikan sebuah solusi dalam pembentukan karakter religius pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan implementasi program tahfidz Al-Qur’an dengan karakter religius nilai Ilahiyah peserta didik MTsN 03 Blitar? Adakah hubungan implementasi program tahfidz Al-Qur’an dengan karakter religius nilai Insaniyah peserta didik MTsN 03 Blitar? Adakah hubungan implementasi program tahfidz Al-Qur’an dengan karakter religius peserta didik MTsN 03 Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk menjelaskan ada atau tidak hubungan implementasi program tahfidz Al-Qur’an dengan karakter religius nilai Ilahiyah peserta didik MTsN 03 Blitar, Untuk menjelaskan ada atau tidak hubungan implementasi program tahfidz Al-Qur’an dengan karakter religius nilai Insaniyah peserta didik MTsN 03 Blitar dan untuk menjelaskan ada atau tidak hubungan implementasi program tahfidz Al-Qur’an dengan karakter religius peserta didik MTsN 03 Blitar. Dalam penelitian ini, peneliti mmenggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang mana seluruh peserta didik yang mengikuti program tahfidz Al-Qur’an akan diteliti. Jumlah populasi sebesar 75 peserta didik Tahfidz Al-Qur’an MTsN 3 Blitar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan dua uji yaitu 1) uji prasyarat berupa uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas. 2) uji hipotesis dengan analisis korelasi product moment dan uji MANOVA.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara imlementasi program tahfidz Al-Qur’an terhadap karakter religius Ilahiyah peserta didik MTsN 3 Blitar. Berdasarkan dari hasil Ha diterima, karena r hitung 0,617 > r tabel 0,227dan nilai signifikasi 0.000 < 0.05, (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara tahfidz Al-Qur’an terhadap karakter religius Insaniyah peserta didik MTsN 3 Blitar. Berdasarkan dari hasil Ha diterima, karena r hitung 0,579 > r tabel 0,227 dan nilai signifikasi 0.000 < 0.05, (3) Ada hubungan tahfidz Al-Qur’an terhadap karakter religius peserta didik MTsN 3 Blitar. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis dengan nilai sig. Pillai’s Trace sebesar 0.000 < 0.05, nilai sig. Wilks Lambda sebesar 0.000 < 0.05, nilai sig. Hotteling’s Trace sebesar 0.000 < 0.05, dan nilai sig. Roy’s Large Root sebesar 0.000 < 0.05. Sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193217 WAVIKA SIFANA
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:45
Last Modified: 08 Aug 2023 08:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38476

Actions (login required)

View Item View Item