MAZIDATUL FARIKHA, 12205193271 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO DENGAN GUBAHAN LAGU PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS 1 MI AL-MUSTOFA MOJOKENDIL NGRONGGOT NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (887kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Audio dengan Gubahan Lagu pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 MI Al-Mustofa Mojokendil Ngronggot Nganjuk” yang ditulis oleh Mazidatul Farikha, NIM. 12205193271, pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I., NIP. 198605282014032002. Kata Kunci: Strategi Guru, Hasil Belajar Siswa, Media Audio Dengan Gubahan Lagu, Mata Pelajaran Fiqih MI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pendidikan yang penting yaitu peran guru dalam memperbaiki kualitas pendidikan. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa aktifitas belajar bagi setiap individu tidak selamanya berlangsung secara wajar dan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Akan tetapi tidak jarang pula berjalan sesuai rencana. Kondisi siswa pun mempengaruhi lancar dan tidaknya pembelajaran. Baik kondisi internal maupun kondisi eksternal. Gangguan yang dialami siswa internal yang sering terjadi ialah kurang sehatnya kondisi fisik siswa dan kurang adanya kepercayaan diri dalam diri siswa. Sedangkan masalah eksternal yang dialami siswa adalah gangguan dari temannya, adanya suara bising dari luar kelas, dan strategi beserta komponen pembelajaran guru yang kurang efektif. Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui media audio dengan gubahan lagu pada mata pelajaran Fiqih kelas 1 MI Al-Mustofa Mojokendil Ngronggot Nganjuk. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyejian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan strategi guru yaitu: Merumuskan tujuan pembelajaran, mengamati kondisi siswa, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menentukan media, menyiapkan media, menentukan penilaian. (2) Proses pelaksanaan strategi guru yaitu: guru melaksanakan pembelajaran sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun seringkali menemui suatu hambatan, namun guru memiliki solusi akan hambatan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran salah satunya adalah media audio dengan gubahan lagu, langkah penyusunan media audio dengan gubahan lagu ialah dengan menentukan materi ajar, menentukan lagu, menggubah lirik lagu asli dengan materi ajar yang disesuaikan penggalan katanya dengan lagu asli. (3) evaluasi strategi guru meliputi faktor yang meliputi kekurangan dan kelebihan media audio dengan gubahan lagu pada mata pelajaran Fiqih kelas 1 MI Al-Mustofa Mojokendil Ngronggot Nganjuk.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193271 Mazidatul Farikha |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 07:47 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38481 |
Actions (login required)
View Item |