KOTIMATUL ALFI NUROHMAH, 12201193188 (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (776kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar”, ini ditulis oleh Kotimatul Alfi Nurohmah, NIM 12201193188, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif, Keaktifan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena tentang proses belajar mengajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik utamanya pada mata pelajaran Fiqih. Sebab dalam penggunaan strategi pembelajaran kooperatif yang dalam ruang lingkup diskusi kelompok ini terkadang masih kurang mendapat partisipasi dari peserta didik dalam menanggapi diskusi kelompok. Maka dari itu dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah penerapan strategi pembelajaran kooperatif yang dilaksanakan pada mata pelajaran Fiqih dengan tiga fokus keaktifan belajar pada penelitian ini. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dalam berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar?, 2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dalam memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar?, 3) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dalam menanggapi diskusi kelompok peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar? Metode ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus atau deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di MAN 2 Blitar. Data penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran koopeatif untuk meningkatkan keaktifan dalam berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar, penerapan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dalam memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar, dan penerapan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dalam menanggapi diskusi kelompok peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar. Sementara sumber data diperoleh dari waka kesiswaan, waka kurikulum, guru Fiqih, dan sebagian peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, studi dokumentasi. Teknik analisis data yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan cara uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability), dan uji konfirmabilitas (konfirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dalam berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar adalah dengan memahami alur diskusi sesuai dengan materi atau terstruktur, materi yang sesuai, membuat media yang menarik, upaya dalam meningkatkan literasi, mengembangkan ide-ide baru; 2) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dalam memecahkan masalah peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar adalah dengan menyiapkan referensi yang sesuai, membimbing dalam membuat keputusan, keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari; 3) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan dalam menanggapi diskusi kelompok peserta didik pada mata pelajaran Fiqih di MAN 2 Blitar adalah dengan memberikan ruang dan kesempatan untuk menanggapi diskusi, merangsang komunikasi peserta didik agar interaktif, menyampaikan materi atau menanggapi diksusi dengan kalimat yang menarik, memberikan apresiasi dan motivasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193188 KOTIMATUL ALFI NUROHMAH |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:38 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38502 |
Actions (login required)
View Item |