SITI NUR MAULIDAH, 12201193087 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Nur Maulidah, NIM 12201193087, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing oleh Dr. Mukhamad Sukur, M. Pd.I., NIDN. 2001058304 Kata kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan akhlak peserta didik yang terlihat adanya kemerosotan. Akhlak merupakan suatu hal yang dinilai memiliki kedudukan tinggi dari apapun. Maka dari itu perlu adanya upaya khusus dan perhatian khusus terhadap akhlak. Adanya beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan akhlak mengakibatkan hal tersebut berdampak buruk pada diri peserta didik. Peningkatan akhlak ini disalurkan melalui pendidikan yang berorientasi pada peran guru pendidikan agama Islam. Maka dari itu diperlukan peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai mentor dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung? 3) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai mentor dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian data, data yang digali berdasarkan tiga komponen orang, tempat, dan kertas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai mentor dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung yakni dengan menggunakan bimbingan pembiasaan secara berulang-ulang seperti Senyum, Salam, Sapa, membaca do’a sebelum belajar, sholawat dan Al-Fatihah, pelaksanaan shalat dhuha dan dhuhur berjamaah, dan adanya pengawasan di luar sekolah, serta guru mampu mengupdate pengetahuan mengenai IPTEK dalam diri mereka, menjadi teman bagi peserta didik dan melaksanakan perannya sesuai dengan visi misi yang ada di sekolah. 2) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung dalam proses pembelajaran menyampaikan motivasi kata berupa quotes dengan menggunakan kata-kata yang menarik serta mengandung hikmah. Selain itu guru pendidikan agama Islam menggunakan metode dengan memberikan hadiah, nilai yang bagus, dan lainnya yang dapat menunjang pembangkitan motivasi peserta didik, guru juga meKegunaankan penggunaan media yang menarik untuk menyita perhatian peserta didik seperti penggunaan spidol berwarna dan guru juga memiliki kerjasama yang baik dengan guru non-PAI dalam mendorong peserta didik untuk berperilaku baik. 3) Peran guru pendidikan agama Islam sebagai inspirator dalam meningkatkan akhlak peserta didik di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung yakni sudah bisa menjadi teladan yang baik dan berperilaku sesuai dengan ajaran Rasulullah dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah, guru pendidikan agama Islam mempunyai banyak prestasi baik dibidang akademik maupun non-akademik. Selain itu guru juga menggunakan metode cerita dalam menginspirasi peserta didik yang diambil dari sumber pengalaman pribadi, kisah Nabi, kitab kuning,
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193087 Siti Nur Maulidah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:43 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38513 |
Actions (login required)
View Item |