PENGUATAN KURIKULUM AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA (Studi Multi Situs SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung dan SMK NU Tulungagung)

ASHARUL NA’IMAH, 12850621008 (2023) PENGUATAN KURIKULUM AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN MODERASI BERAGAMA (Studi Multi Situs SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung dan SMK NU Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Tesis ini yang berjudul “Penguatan Kurikulum Agama Islam Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama (Studi Muti Situs SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung dan SMK NU Tulungagung)”, ini ditulis oleh Asharul Na’imah, NIM 12850621008 Jurusan Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Prof. Dr. H. Abd. Aziz. M.Pd.I. Kata Kunci : Kurikulum, Agama Islam, Moderasi Beragama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya aksi radikalisme yang masuk diseluruh bidang terutama dalam bidang pendidikan. Selain itu ajaran jihad dalam Islam yang dijadikan sasaran tuduhan sebagai pemicu kekerasan atas nama agama oleh umat Islam. Sehingga perlu adanya penguatan kurikulum agama islam dalam mewujudkan moderasi beragama di sekolah, agar terbentuk karakter siswa yang moderat tidak membedakan suku, agama, ras dan golongan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterprestasikan tentang (1) Desain Kurikulum Agama Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama. (2) Implementasi Kurikulum Agama Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama. (3) Evaluasi Kurikulum Agama Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama. Metode dalam penelitian tesis ini meggunakan pendekatan kualitatif (studi multi situs) yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis lintas situs. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Desain Kurikulum Agama Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama dapat direalisasikan dengan merencanakan pembelajaran sesuai yang diharapkan sehingga dalam merealisasikan siswa memiliki kemampuan aktif dalam belajar, serta menumbuhkan kemaslahatan kepada seluruh umat manusia secara luas yakni sikap Qudwah (Teladan). (2) Implemetasi Kurikulum Agama Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama dapat direalisasikan dengan memberikan pembiasaan kepada siswa sehingga dalam merealisasikan siswa memiliki rasa disiplin yang tinggi, memiliki kemampuan untuk senantiasa mengamalkannya, serta menumbuhkan sikap I’tidal (proposional) dalam bertanggungjawab. (3) Evaluasi Kurikulum Agama Islam dalam Mewujudkan Moderasi Beragama dapat direalisasikan dengan memberikan evaluasi formatif maupun sumatif yang dapat ditinjau dari sisi kognitif, afekif dan psikomotorik. Maka melalui beberapa kegiatan tersebut akan tumbuh sikap Al-Islah sebagai suatu perbuatan yang hendak membawa perubahan dari kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12850621008 ASHARUL NA’IMAH
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:29
Last Modified: 09 Aug 2023 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38547

Actions (login required)

View Item View Item