MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

NOVIANA NURKHOLIFAH, 12207193019 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” ini ditulis oleh Noviana Nurkholifah, NIM. 12207193019. Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd., NIP. 199303052020122017. Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Prestasi Siswa Penelitian ini membahas tentang manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa. Manajemen kesiswaan penting untuk diterapkan disekolah karena akan menentukan tingkat keberhasilan sekolah serta dapat mewujudkan kemajuan prestasi , bakat, minat dan potensi siswa. Kualitas prestasi atau bakat siswa perlu dikembangkan dan di manage dengan baik melalui kegiatankegiatan kesiswaan yang ada serta siswa merupakan salah satu sumberdaya manusia dalam suatu lembaga pendidikan yang harus dipenuhi kebutuhan perkembangan kemampuan dalam bidang akademik maupun non akademkinya. Untuk meningkatkan prestasi siswa, maka dibutuhkan manajemen kesiswaan yang baik dalam peencanaan penerimaan, pengelompokan siswa, pembinaan siswa dalam meningkatkan prestasi siswa di MA Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (2) Bagaimana pengelompokan siswa dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3)Bagaimana pembinaan siswa dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung ?. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, staff TU, guru, siswa. Pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi triangulasi, diskusi teman sejawat, perpanjang pengamatan. Hasil penelitian yang didapatkan sebagai berikut: (1)perencanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dimulai dari pembentukan panitia PPDB, rapat panitia, calon siswa baru melakukan pendaftaran, calon siswa baru melakukan ujian seleksi, hasil seleksi diumumkan lewat website, daftar ulang. Setelah kegiatan PPDB selesai kemudian siswa mengikuti orientasi. (2)pengelompokan siswa dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung berdasarkan jenis kelamin, dalam pembagian kelasnya terdapat empat kelas yakni A IPA, B IPA, A IPS, B IPS. Pengelompokan berdasarkan bakat dan minat di wadahi oleh adanya kegiatan ekstrakurikuler. (3)pembinaan siswa dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung terdiri dari pembinaan akademik memaksimalkan program yang sudah ada yakni program bahasa dan persiapan yang matang ketika ada even perlombaan bidang akademik dengan memberikan bimbingan intensif kepada siswa, pembinaan non akademik berdasarkan bakat dan minat yang dimiliki siswa sehingga mereka hanya memilih kegiatan ekstrakurikuler mana yang dapat mengembangkan kemampuannya, pembinaan kedisiplinan siswa madrasah memiliki peraturan yang wajid dipatuhi oleh semua siswa, jika siswa melanggar peraturan tersebut akan diberi sanksi sesuai dengan kesalahan yang diperbuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207193019 Noviana Nurkholifah
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:54
Last Modified: 09 Aug 2023 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38571

Actions (login required)

View Item View Item