STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI MIN 14 BLITAR

RATNA WIJAYANTI, 12205183132 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di MIN 14 Blitar”, ini ditulis oleh Ratna Wijayanti, NIM. 12205183132, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Irma Fauziah, M.Pd. NIP. 199312302020122019 Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Baca, Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Beberapa penelitian di Indonesia menunjukkan tingkat membaca anak tergolong rendah hal ini akan mempengaruhi kualitas pendidikan yang ada di Indonesia. Karena membaca dapat meningkatkan segala aspek penting bagi kehidupan manusia. Meningkatnya minat baca di Indonesia belum cukup signifikan ketika penerapan kurikulum 2013 yang sudah diberlakukan sejak tahun 2013. Hasil observasi pendahuluan di MIN 14 Blitar menunjukkan bahwa strategi guru telah mampu mendorong dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Fokus Penelitian: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik melalui gerakan literasi sekolah (GLS) di MIN 14 Blitar?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik melalui gerakan literasi sekolah (GLS) di MIN 14 Blitar?, (3) Bagaimana dampak program gerakan literasi sekolah (GLS) pada peserta didik di MIN 14 Blitar?. Penelitian ini dilakukan di MIN 14 Blitar dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan jenis pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik melalui gerakan literasi sekolah adalah dengan memperbanyak bahan bacaan di pojok baca, mengadakan kegiatan yang menarik dan penataan fasilitas yang menarik, pengelolaan fasilitas madrasah agar menjadi lingkungan kaya literasi, menyusun jadwal kegiatan program literasi, diskusi antar guru pada waktu istirahat, pemberian motivasi oleh guru, program 1 semester 1 buku. (2) Pelaksanaan pembelajaran guru dalam meningkatkan minat baca peserta didik melalui gerakan literasi sekolah (GLS) yaitu menerapkan program kegiatan yang bersifat rutin sehari-hari, mingguan, bulanan, dan kegiatan yang bersifat insidentil, kemudian program kegiatan rutinitas, ekstrakurikuler CALISTUNG, berkunjung ke perpustakaan seminggu sekali, pembiasaan 15 menit membaca sebelum jam pelajaran dimulai, pemberdayaan mading, pemilihan duta literasi, mengadakan kegiatan bernuansa literasi, kegiatan menanggapi buku bacaan, pemanfaatan pojok baca kelas. (3) Dampak program gerakan literasi sekolah (GLS) pada peserta yaitu terbentuknya peserta didik gemar membaca, terbentuknya peserta didik yang terampil dalam berliterasi, peserta didik dapat menghasilkan karya atau produk literasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12209193080 Indah Dwi Lestari
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:46
Last Modified: 09 Aug 2023 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38579

Actions (login required)

View Item View Item