IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

AIS SYIFAUL ABIDA, 12209193031 (2023) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MATA PELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Metode Inkuiri, Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai peendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik dengan mempelajari keterampilan dan pengetahuan tentang materi-materi pelajaran. peserta didik belajar untuk mengembangkan kemampuan konseptual ilmu pengetahuan maupun mengembangkan kemampuan dan sikap pribadi yang dapat digunakan mengembangkan dirinya. Pembelajaran dikatakan baik jika seorang guru berhasil membangkitkan motivasi belajar dan menjadikan siswa yang aktif, kreatif, dan mampu mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana implementasi metode inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Kalidawir. (2) Mengetahui bagaimana hasil implementasi metode inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkaan dat apa adanya sesuai hail penemuan di lapangan, untuk memperoleh data atau informasiinformasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkan data apa adaanya sesuai hasil temuan di lapangan. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Peneliti menggunakan beberpaa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan ketekunan dan triangulasi. Adapun tahapan-tahapan penelitian menggunakan tahap pra-lapangan, pekerjan lapangan dan tahap penulisan hasil laporan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 saja yang dalam satu kelasnya berjumlah 35 peserta didik. Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa: (1) Implementasi metode inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Kalidawir sudah dilakukan sesuai dengan prosedur pembelajarn inkuiri. (2) Hasil dari implementasi metode inkuiri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berhasil. Indicator peeningkatan motivasi tersebut ditandai dengan meningkatnyasemangat belajar siswa yang tinggi, antusias dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, berusaha keras untuk mencari tahu dan menemukan tugas yangdiberikan oleg guru, serta rasa ingin tahu yang tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S1 12209193031 AIS SYIFAUL ABIDA
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:56
Last Modified: 13 Sep 2023 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38580

Actions (login required)

View Item View Item