NUR LAILATUL FANZIAH, 12201193017 (2023) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELAS MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMP NEGERI 3 SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fanziah, Nur Lailatul. 2023. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalamKelas Multikultural dalam Pembentukan Sikap Toleransi Beragama Siswa dSMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi PendidikaAgama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam NegerSayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Ahmad NatsirM.Pd.I. Masa remaja, terutama pada peserta didik yang tidak mudah untuk mengembangkan kemampuan dan minat bakatnya di lingkungan yang plural, terlebidengan sikap yang kurang menerima perbedaan pada dirinya. Meskipun upaymenanamkan sikap toleransi telah dilakukan melalui pendidikan di Indonesia, namudalam kenyataanya belum semua sekolah memperhatikan penanaman sikap toleransterlebih sikap toleransi beragama. Dengan demikian melalui model pembelajaran dalamkelas multikultural merupakan solusi untuk mengarahkan dan membangun sikap siswayang saling menghargai, toleransi, gotong-royong, tanggung jawab dalam berinterakssecara efektif dengan lingkungan sosial. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multikultural adalah salah satu model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dikaitkan pada keragaman yang ada, entah agama, etnis, bahasa dan lainsebagainya. SMP Negeri 3 Srengat Blitar adalah sekolah yang memiliki keberagamadiantara siswanya. Dengan perbedaan tersebut, agar peserta didik dapat hidup bersamsecara damai walaupun dengan latar belakang yang berbeda-beda. Fokus dalam penelitian ini meliputi: 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaraPAI berbasis multikultural dalam pembentukan sikap toleransi beragama siswa di SMPNegeri 3 Srengat Blitar?; 2) bagaimana pengembangan model pembelajaran PAberbasis multikultural dalam pembentukan sikap toleransi beragama siswa di SMPNegeri 3 Srengat Blitar?; 3) bagaimana pendekatan pembelajaran PAI berbasimultikultural dalam pembentukan sikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Srengat Blitar?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan da menganalisis tentang: 1) pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis multikultural dalam pembentukan sikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Srengat Blitar; 2)pengembangan model pembelajaran PAI berbasis multikultural dalam pembentukasikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Srengat Blitar; 3) pendekatapembelajaran PAI berbasis multikultural dalam pembentukan sikap toleransi beragamasiswa di SMP Negeri 3 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berispenjelasan-penjelasan mengenai data yang diperoleh dari lapangan dengan jenipenelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancaraobservasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi datapenyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran PAI berbasmultikultural di SMP Negeri 3 Srengat Blitar, pendidik mengikut sertakan peserta didik non muslim untuk tetap masuk dalam kelas bagi yang tidak memiliki jadwal yang sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing, bagi yang non muslim memiliki jadwal akan diarahkan ke ruangan khusus agama non muslim untuk mengikuti materi yang sesuai dengan pemahaman ajaran agama mereka masing-masing; 2) model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PAI pada kelas multikultural yakni diskusi kelompok, yang dikembangkan pada silabus mata pelajaran dengan menganalisis materi pelajaran yang dianggap relevan dengan materi; 3) pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran PAI yakni pendekatan keadilan dan kesetaraan tanpa membeda-bedakan dalam menunjukkan bakat dan kemampuan peserta didik. Kata kunci: Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pendidikan multikultural, toleransi beragama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193017 Nur Lailatul Fanziah |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 07:12 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 07:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38582 |
Actions (login required)
View Item |