ERY WIDAYANTI, 12204193194 (2023) PENGARUH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERBANTUAN MEDIA TIGA DIMENSI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (900kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (776kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (635kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbantuan Media Tiga Dimensi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023” yang ditulis oleh Ery Widayanti, NIM 12204193194, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggangung, Dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I. M.Pd. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Penelitian ini membahas tentang pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbantuan Media Tiga Dimensi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecaham masalah matematis siswa. Hal ini bisa dilihat dari masih kesulitanya siswa ketika menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru. Peserta didik hanya bisa menyelesaiakan soal yang sama persis dengan yang dicontohkan oleh guru, selain itu tidak sepenuhnya siswa mampu mengerjakan sendiri, karena terkadang siswa masih kesulitan mengerjakan dan sering bertanya kepada guru. Ketika soal dimodifikasi oleh guru, akibatnya sebagian besar siswa kesulitan mengerjakan dan menyelesaikan soal tersebut. Selain itu juga penyebab masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa karena guru masih menjadi pusat dari kegiatan belajar mengajar dikelas. Dengan mengunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media tiga dimensi diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dihadapi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbantuan Media 3 Dimensi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023, dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbantuan Media Tiga Dimensi di Madrsah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar. Populasi seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsnawiyah Negeri 3 Blitar ada 312 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-C sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 siswa yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas VII-D sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran konvensional. Tenik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t (t-test). Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa post -test dan angket Hasil penelitaian ini menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berbantuan Media Tiga Dimensi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini di buktikan dari analisis diperoleh nilai signifikan sebesar 0,039 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Realistic Matematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa berbantuan media tiga dimensi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar tahun ajaran 2022/2023, (2) Besar pengaruh Realistic Matematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa berbantuan media tiga dimensi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Blitar tahun ajaran 2022/2023 adalah 0,6 yang dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s Effect tergolong medium/sedang dengan persentase 73 persen
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 08:49 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38588 |
Actions (login required)
View Item |