RIFAYATUL HIDAYAH, 2817123135 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
1. Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I RTF.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II RTF.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III RTF.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV RTF.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V RTF.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Rifayatul Hidayah, NIM. 2817123135, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr.Hj.Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, Prestasi Belajar, IPS Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dianggap membosankan bagi peserta didik karena cakupan materinya yang cukup luas. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang diajarkan berisikan tentang kenampakan alam, keadaan masyarakat, negara-negara di dunia, dan juga mencakup peristiwa-peristiwa pada masa lampau yang mana peserta didik tidak mengalami peristiwa tersebut secara langsung. Aktifitas dalam proses pembelajaran kebanyakan didominasi oleh guru dan kurang melibatkan keaktifan peserta didik, selama ini metode mengajar yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah. Adanya kelemahan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial ini berdampak terhadap kualitas akademik/hasil belajar peserta didik. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran IPS pokok aktivitas ekonomi padapeserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam pada peserta didik kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015-2016. (2) Untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) peserta didik kelas IV MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 20152016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, nilai ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I yakni sebesar 52,17% yang sebelumnya pada pelaksanaan pre test (tes awal) hanya sebesar 36,36%, pada siklus II meningkat menjadi 91,30%. Nilai hasil belajar ini berada pada tingkat keberhasilannya berada pada kriteria yang sangat baik. Hal ini menunjukkan peserta didik telah mampu menguasai materi Ilmu Pengetahuan Sosial dengan baik. Sedangkan indikator proses pembelajaran adalah aktifitas pendidik dan peserta didik. Aktifitas pendidik atau peneliti pada siklus I adalah 78,66% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 94,66%. Sedangkan aktifitas peserta didik pada siklus I yakni 81,53%, pada siklus II meningkat menjadi 90,76%. Hal ini menunjukkan bahwa aktifitas pendidik dan peserta didik menunjukkan pada kriteria yang sangat baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model think pair share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Ssosial materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam peserta didik kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. XViii
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123135 RIFAYATUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 03:15 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 03:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3860 |
Actions (login required)
View Item |