PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

MUHAMMAD RIDWAN NUDIN, 12201193187 (2023) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU PAI TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Efektivitas Pembelajaran di Kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Ridwan Nudin, NIM.12201193187, Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Yang dibimbing oleh Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Guru PAI, Efektivitas Pembelajaran. Semua orang yakin bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik baik itu akhlak, sosial, maupun pemahaman untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Seorang guru harus memiliki kehidupan sosial yang baik untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Dengan dimudahkannya dalam mencari informasi dari internet tanpa melalui perantara seorang guru yang dapat mengurangi interaksi antara guru dan siswa. Disinilah kompetensi sosial guru diperlukan sebagai jembatan sosial antara guru dan siswa. Atas dasar latar belakang diatas, rumusan masalah yang diperoleh adalah apakah ada pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap efektivitas pembelajaran di kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru PAI terhadap efektivitas pembelajaran di kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk korelatif dengan mencarai informasi dan data yang akurat dari 95 responden sebagai sampel dari 130 populasi siswa di kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada siswa. Data-data tersebut dianalisis dan uji hipotesis selanjutnya mengukur korelasi menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pearson correlation sebesar 0,701 dengan r tabel 0,202 dengan taraf signifikasi 5% terdapat korelasi yang positif antara kompetensi sosial guru PAI terhadap efektivitas pembelajaran di kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Kemudian diketahui sebesar 49% pengaruh kompetensi sosial guru terhadap efektivitas pembelajaran di kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar, sedangkan selebihnya 51% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensi sosial guru terhadap efektivitas pembelajaran di kelas VII SMP MualliminWonodadi Blitar namun cukup signifikan

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193187 Muhammad Ridwan Nudin
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:41
Last Modified: 07 Aug 2023 04:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38624

Actions (login required)

View Item View Item