IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL DENGAN NADZOM SEBAGAI MEDIA MELATIH DAYA INGAT PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTsN 5 KEDIRI

ALDYAN ZULIANA, 12201193375 (2023) IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL DENGAN NADZOM SEBAGAI MEDIA MELATIH DAYA INGAT PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Menghafal Dengan Nadzom Sebagai Media Melatih Daya Ingat Peserta Didik Kelas VIII Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTsN 5 Kediri” ditulis oleh Aldyan Zuliana, NIM 12201193375 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M. Pd. I. Kata kunci: metode menghafal, media nadzom, daya ingat Konteks Penelitian ini adalah adanya kesulitan peserta didik dalam menghafal dan juga memahami materi dalam pembelajaran fiqih, sehingga guru atau pendidik disini mempunyai metode yang berbeda yaitu menghafalkan materi dengan menggunakan nada atau melagukannya, atau biasa disebut dengan metode nadzom. Metode menghafal dengan nadzom merupakan metode yang bagus dalam menambah daya ingat peserta didik dan juga pemahaman peserta didik dalam materi fiqih. Dari latar belakang itulah peneliti melakukan penelitian dengan judul Implementasi Metode Menghafal Dengan Nadzom Sebagai Media Melatih Daya Ingat Peserta Didik Kelas VIII Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTsN 5 Kediri. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode menghafal dengan nadzom sebagai media melatih daya ingat peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran Fiqih di MTsN 5 Kediri ? (2) Apa saja kendala yang menghambat pelaksanaan metode menghafal dengan nadzom sebagai media melatih daya ingat peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran Fiqih di MTsN 5 Kediri ? (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan metode menghafal dengan nadzom sebagai media melatih daya ingat peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran Fiqih di MTsN 5 Kediri ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan, kendala yang menghambat dan solusi dalam metode menghafal dengan nadzom sebagai media melatih daya ingat peserta didik kelas viii dalam pembelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data peneliti dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Proses pelaksanaan metode menghafal dengan nadzom meliputi: guru fiqih membuat rangkuman materi yang diambil dari buku paket dan modul yang kemudian dibagikan kepada peserta didik, para peserta didik melaksanakan nadzoman dengan diiringi instrument lagu dan juga didampingi oleh guru fiqih. (2) Kendala yang menghambat adanya metode menghafal dengan nadzom antara lain: Peserta didik terlalu semangat dengan adanya instrument lagu yang juga diiringi dengan sound, akibatnya peserta didik kurang tertib, kurang tepatnya dalam pembagian waktu, tidak semua peserta didik mempunyai kemampuan dalam menghafal materi yang baik. dan tidak adanya fase post-test dalam akhir pembelajaran. (3) Solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan metode menghafal dengan nadzom antara lain: Memberikan teguran dan juga pertanyaan terkait dengan materi yang dihafalkan dengan metode nadzom, membagi waktu antara nadzoman dan pelajaran biasa, guru fiqih selalu mengingatkan agar dalam pelaksanaan nadzoman juga dengan menghafalkan materi, juga membacanya dengan berulang-ulang, dan memberikan ulangan harian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 12201193375 Aldyan Zuliana
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:39
Last Modified: 28 Aug 2023 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38690

Actions (login required)

View Item View Item