PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS E BOOKS DENGAN MICROSOFT OFFICE SWAY PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTs ASWAJA TUNGGANGRI

FITRI NUR HAYATI, 12204193033 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS E BOOKS DENGAN MICROSOFT OFFICE SWAY PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTs ASWAJA TUNGGANGRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis EBooks dengan Microsoft Office Sway Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII MTs Aswaja Tunggangri” ditulis oleh Fitri Nur Hayati, NIM. 12204193033. Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Modul, E-Books, Microsoft Office Sway, Aritmatika Sosial. Penggunaan bahan ajar modul sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi alasan dunia pendidikan untuk melakukan pembaruan dalam proses pembelajaran. Sehingga peneliti berinovasi untuk membuat suatu bahan ajar modul dengan memanfaatkan aplikasi microsoft office sway dengan harapan dapat digunakan untuk mencapai tujuan dari proses pembelajaran Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar modul berbasis e-books dengan microsoft office sway, (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan bahan ajar modul berbasis e-books dengan microsoft office sway, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengembangan bahan ajar modul berbasis e-books dengan microsoft office sway terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model Borg and Gall, langkah-langkah pengembangan sebagai berikut penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pembuatan produk awal, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk final. Validasi produk pengembangan mencakup ahli media, ahli materi, guru matematika, dan uji kelompok kecil. Penelitian dilakukan di MTs Aswaja Tunggangri dengan subjek kelas VII A sebanyak 20 anak sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebanyak 20 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli media dan ahli materi, angket respon guru, dan soal post test. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan bahan ajar modul e-books dengan microsoft office sway terdiri dari beberapa langkah yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk awal, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk final. (2) Tingkat kelayakan produk pengembangan bahan ajar modul e-books dengan microsoft office sway dinyatakan baik dan layak untuk diterapkan sebagai bahan ajar tambahan dengan analisis kevalidan sebesar 4.67 (sangat baik), kepraktisan 86.67% (sangat baik), dan keefektifan dengan nilai sig. 0.001 < 0.05 (efektif digunakan), dan (3) Ada pengaruh pengembangan bahan ajar modul berbasis e-books dengan microsoft office sway terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: fatma dwi
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:41
Last Modified: 18 Sep 2023 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38709

Actions (login required)

View Item View Item