KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN KINERJA GURU (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung)

DINDA SEKAR DEWI, 12207193016 (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN KINERJA GURU (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Kinerja Guru [Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama 3 Kedungwaru Tulungagung]” ini di tulis oleh DINDA SEKAR DEWI, NIM 12207193016, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dibimbing Oleh Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru Penelitian ini membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Kinerja Guru [Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama 3 Kedungwaru Tulungagung]. Kepemimpinan merupakan suatu hal yang sangat penting demi berlangsungnya kehidupan suatu lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal sehingga nantinya kualitas pendidikan mendapatkan hasil yang maksimal, dalam hal ini kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki tugas untuk dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak dan menggerakkan orang lain bagi kemajuan sekolahnya terutama bagi pengembangan kinerja guru. Kepemimpinan kepala sekolah memberikan bantuan kepada guru dalam meningkatkan kinerja guru, sesuai dengan fungsi kepala sekolah itu sendiri. Fokus penelitian skripsi ini adalah : (1) Bagaimana kecenderungan kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung?, (2) Bagaimana kecenderungan kinerja guru di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung?, (3) Bagaimana dampak dari kecenderungan kepemimpinan kepala sekolah terhadap penguatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung? Penelitian dalam skripsi ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar yakni Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penguatan Kinerja Guru [Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama 3 Kedungwaru Tulungagung]. Sumber data yang diambil dalam skripsi ini yakni, kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dalam perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Kecenderungan kepemimpinan kepala sekolah di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, yang dimana kepala sekolah selaku pimpinan lembaga dianggap telah memenuhi kriteria untuk dikatakan sebagai pemimpin yang berkualitas sehingga dikategorikan baik hal ini dibuktikan dengan kompetensi yang dimilikinya dan telah diimplementasikan di lembaga. Adapun kompetensi yang dimaksud ialah kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial. Selain itu dibuktikan juga dengan penilaian kinerja kepala sekolah yang dinilai langsung oleh dinas terkait. (2) kecenderungan kinerja guru di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, dianggap telah memenuhi standar ataupun kriteria sehingga dapat dikategorikan baik yang mana dibuktkan dengan berbagai upaya dan usaha yang telah dilakukan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Usaha yang dimaksud ialah yakni dengan melaksanakan berbagai kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Kompetensi tersebut terdiri dari kompetensi pedadogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. (3) dampak kepemimpinan kepala sekolah dalam penguatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, yang dimana guru-guru di SMP Negeri 3 Kedungwaru menjadi lebih rajin misalnya ketika tiba di sekolah maupun di kelas menjaid lebih tepat waktu, SDM guru menjadi lebih bagus dan kompetensi gurupun menjadi meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:35
Last Modified: 11 Aug 2023 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38710

Actions (login required)

View Item View Item