PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

VIKA AULIA MASRUROH, 12205193111 (2023) PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL MUFRADAT BAHASA ARAB PADA SISWA DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (766kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufradat Bahasa Arab Pada Siswa Di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung”, ditulis oleh Vika Aulia Masruroh, NIM. 12205193111, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci: Metode bernyanyi, Mufradat, Bahasa Arab. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat peserta didik mempelajari mufradat bahasa Arab. Hal ini dikarenakan pembelajaran bahasa Arab terlihat kurang menarik, karena hanya terpaku pada buku saja. Kemudian hasil belajar peserta didik kurang baik, khususnya dalam materi mufradat. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidaktepatan dalam memilih metode pembelajaran. Dengan demikian diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan minat peserta didik untuk mempelajari mufradat. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode bernyanyi. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) bagaimana penggunaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada siswa di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung ? 2) bagaimana efektivitas penggunaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada siswa di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan efektivitas metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada siswa di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III-B sebagai kelas kontrol sejumlah 24 siswa dan kelas III-C sebagai kelas eksperimen sejumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan 1) penggunaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada siswa di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung sangat baik. Dapat dilihat dari hasil uji t-test yaitu Sig(2-tailed) sebesar 0,04 ≤ 0,05. 2) Penggunaan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan menghafal mufradat bahasa Arab pada siswa di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo Tulungagung sangat efektif. Dengan hasil nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205193111 VIKA AULIA MASRUROH
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:33
Last Modified: 23 Aug 2023 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38728

Actions (login required)

View Item View Item