IMPLEMENTASI PROGAM TAHFIDZ AL-QUR’AN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN I KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG

CHUDAIFIATUL LUTFIANA, 12205193112 (2023) IMPLEMENTASI PROGAM TAHFIDZ AL-QUR’AN UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN I KAMPUNGDALEM TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Lutfiana, Chudaifiatul. NIM. 12205193112. 2023. Implementasi Progam Tahfidz Al-Qur‟an dalam Rangka Meningkatkan Karakter dan Prestasi Belajar Peserta didik di SDN I Kampungdalem. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci : Tahfidz Al-Qur‟an , Karakter Peserta didik, Prestasi Belajar Peserta didik Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena perkembangan dunia pendidikan yang semakin maju sejalan dengan kemajuan teknologi dan komunikasi yang sangat pesat, sehingga semua dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan tersebut agar tidak banyak tertinggal. Namun di tengah fenomena ini banyak terjadi perubahan pada karakter peserta didik dan prestasi belajar peserta didik yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dikarenakan kecenderungan dalam perkembangan teknologi tersebut. Sehingga dalam menghadapi fenomena tersebut SDN I Kampungdalem melaksanakan suatu progam guna meningkatkan karakter peserta didik dan prestasi belajar peserta didik melalui progam tahfidz Al-Qur‟an . Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur‟an dalam membentuk karakter peserta didik dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Kampungdalem? (2) Bagaimanakah perkembangan perubahan karakter peserta didik dan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Kampungdalem setelah mengikuti progam Tahfidz Al-Qur‟an ? (3) Apa sajakah yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan progam Tahfidz Al-Qur‟an sdi SDN 1 Kampungdalem? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian dalam skripsi ini mengungkapkan bahwa: (1) SDN I Kampungdalem mengimplementasikan progam tahfidz Al-Qur‟an dalam rangka meningkatkan karakter menjadi karakter yang Qur‟ani dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik baik akademik maupun non akademik peserta didik, yang dilaksanakan pada hari Selasa hingga hari Sabtu, dimulai pada pukul 06.30 hingga pukul 07.30 dengan penanggung jawab Kepala Sekolah sebagai pembina, Waka Kurikulum sebagai penanggung jawab kurikulum sekolah, kemudian guru agama sebagai pelaksana di bantu oleh seluruh guru tahfidz. (2) Perkembangan karakter peserta didik setelah dilaksanakannya progam tahfidz Al-Qur‟an yakni peserta didik menjadi terbiasa berinteraksi dengan Al-Qur‟an , perkataan, pemikiran, dan tindakannya menjadi lebih baik dan terkendali, peserta didik menjadi ringan untuk melaksanakan ibadah maupun hal-hal kebaikan, peserta didik menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, bekerja keras, mandiri, percaya diri, menghargai orang lain, tolong menolong, gotong royong, dan memiliki kepedulian yang tinggi. Perkembangan prestasi belajar peserta didik setelah dilaksanakannya progam tahfidz Al-Qur‟an yakni peserta didik menjadi mudah dalam memahami, menerima, mengingat pelajaran, meningkatkan prestasi peserta didik dalam ajang perlombaan baik akademik maupun non akademik, dan juga peserta didik terlatih untuk melantukan hafalannya satu juz sekali duduk. (3) Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan progam tahfidz Al-Qur‟an di SDN I Kampungdalem yakni kurangnya motivasi mengajar pada beberapa guru, terdapat peserta didik yang memiliki alergi dingin sehingga tidak bisa mengikuti pembelajaran tahfidz tepat waktu, dan terkendala perizinan dari dinas pendidikan pada awal pelaksanaan progam tahfidz Al-Qur‟an di SDN I Kampungdalem.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205193112 CHUDAIFIATUL LUTFIANA
Date Deposited: 21 Aug 2023 13:43
Last Modified: 21 Aug 2023 13:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38729

Actions (login required)

View Item View Item