ARISTA PUSPITASARI, 12205193094 (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA MELALUI PROGRAM DINIYAH DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (348kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Pada Siswa Melalui Program Diniyah di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon” ini ditulis oleh Arista Puspitasari, NIM 12205193094, Program Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag Kata Kunci: Nilai-nilai keagamaan, Akhlakul Karimah, Program Diniyah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penanaman nilai-nilai keagamaan melalui program diniyah yang merupakan salah satu cara dalam penanaman nilai-nilai keagamaan peserta didik, sehingga menjadikan peserta didik selain memiliki potensi yang unggul dibidang akademik akan tetapi juga memiliki akhlakul karimah yang sesuai dengan ajaran islam. Dalam hal ini, kegiatan diniyah yang diadakan oleh sekolah guna untuk menitikberatkan pada keaktifan serta keikutsertaan siswa dalam proses kegiatan secara aktif. Peserta didik akan mengamalkan ajaran agamanya secara nyata serta memiliki pengalaman langsung agar dapat meyakini dampak dari adanya diadakannya diniyah. Oleh karena itu, faktor adanya penerimaan kegiatan penanaman nilai-nilai keagamaan melalui program diniyah ini adalah adanya kegiatan rutinan yang dilaksanakan setiap hari seperti kegiatan pembacaan kitab, menghafalkan doa- doa, serta menghafalkan Juz ‘amma. Dengan demikian, melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan nilai-nilai keagaman dapat ditanamkan kepada peserta didik, sehingga dapat menjadi peserta didik yang berakhlakul karimah. Fokus penelitian: (1). Bagaimana penanaman nilai-nilai keagamaan melalui program diniyah pembacaan kitab di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon? (2). Bagaimana penanaman nilai-nilai keagamaan melalui program diniyah menghafalkan doa-doa di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon? (3). Bagaimana penanaman nilai-nilai keagamaan melalui program diniyah menghafalkan Juz ‘Amma di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis peenelitian deskriptif dimana peneliti akan menyelidiki keadaan, kondisi, dan situasi yang kemudian hasilnya akan berbentuk laporan yang berlokasi di SDI Bayanul Azhar Desa Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi sedangkan teknik analisi menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan untuk keabsahan data temuan perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, melibatkan teman sejawat dan tahap-tahap penelitian tahap pra lapangan, tahap lapangan, tahap analisis data. Hasil penelitian skripsi ini adalah: (1) penanaman nilai-nilai keagamaan melalui program diniyah pembacaan kitab merupakan kegiatan diniyah dibidang pembacaan kitab. Penanaman nilai-nilai keagamaan pada pembacaan kitab terdapat dalam makna yang tekandung di dalam kitab. Sehingga dapat menambah pengetahuan agama pada peserta didik agar dapat mengamalkan atau mempraktekkan makna yang terkandung didalam kitab tersebut. Kegiatan ini dilakukan setiap hari pada saat setelah sholat dhuhur yang dipimpin oleh guru kelas masing-masing. Sehingga pembiasaan ini dapat dilatih dan ditanamkan. (2) penanaman nilai-nilai keagamaan melalui program diniyah menghafalkan doa-doa merupakan kegiatan dalam bidang menghafalkan doa- doa sehari-hari. Dalam hal ini sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu siswa dapat berdoa terlebih dahulu. (3) penanaman nilai-nilai keagamaan melalui menghafalkan juz ‘amma merupakan menghafalkan bagian surat-surat yang ada didalam Al-Qur’an yang ada pada juz 30. Dalam kegiatan ini tidak hanya menghafal saja tetapi juga dapat memahami kandungan yang ada didalam surat tersebut. Sehingga dapat menjadikan siswa yang sesuai dengan syariat- syariat Al-Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193094 ARISTA PUSPITASARI |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38735 |
Actions (login required)
View Item |