QOIRIA FATMAWATI, 12207193017 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU OUTPUT PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (900kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (375kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Output Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek” ditulis oleh Qoiria Fatmawati, NIM. 12207193017, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Kesiswaan, Mutu Output Pendidikan Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu sebuah lembaga pendidikan dituntut untuk menghasilkan output yang sesuai dengan perkembangan zaman dan dinilai baik dari segi akhlaq yang dimiliki. Dalam mengatasi tuntutan akan output tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelolaan madrasah. MtsN 1 Trenggalek salah satunya Madrasah Tsanawiyah yang mengelola kesiswaannya dengan sangat baik. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah Manajemen Kesiswaan. Oleh karena itu, dengan adanya Manajemen Kesiswaan yang baik, diharapkan dapat Meningkatkan Mutu Output Pendidikan di MTsN 1 Trenggalek. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan siswa dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek?, (3) Bagaimana evaluasi siswa dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan siswa dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi siswa dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Penerimaan Siswa Baru di MTsN 1 Trenggalek mengacu kepada petunjuk teknis dari KemenAg Jatim dan Kemenag Trenggalek, yang dilakukan dengan jalur tes dan jalur prestasi untuk menentukan pengelompokkan kelas. (2) Pelaksanaan Pembinaan Siswa di MTsN 1 Trenggalek dilakukan di bidang akademik dan non akademik. (3) Evaluasi Siswa di MTsN 1 Trenggalek dilakukan oleh guru/pembina baik akademik maupun non akademik secara harian, pertengahan semester, dan akhir semester melalui tes tulis, lisan, dan praktik. Kepala madrasah melakukan evaluasi secara insidental (monitoring/pengawasan) dan melalui laporan (lisan dan tulisan berupa LPJ).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1313030080 OK PRINT |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 08:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 08:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38762 |
Actions (login required)
View Item |