MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU OUTPUT PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK

QOIRIA FATMAWATI, 12207193017 (2023) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU OUTPUT PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (900kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Mutu Output Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek” ditulis oleh Qoiria Fatmawati, NIM. 12207193017, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Kesiswaan, Mutu Output Pendidikan Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu sebuah lembaga pendidikan dituntut untuk menghasilkan output yang sesuai dengan perkembangan zaman dan dinilai baik dari segi akhlaq yang dimiliki. Dalam mengatasi tuntutan akan output tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelolaan madrasah. MtsN 1 Trenggalek salah satunya Madrasah Tsanawiyah yang mengelola kesiswaannya dengan sangat baik. Kegiatan tersebut dikenal dengan istilah Manajemen Kesiswaan. Oleh karena itu, dengan adanya Manajemen Kesiswaan yang baik, diharapkan dapat Meningkatkan Mutu Output Pendidikan di MTsN 1 Trenggalek. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembinaan siswa dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek?, (3) Bagaimana evaluasi siswa dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penerimaan siswa baru dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan siswa dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi siswa dalam meningkatkan mutu output pendidikan di MTsN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Penerimaan Siswa Baru di MTsN 1 Trenggalek mengacu kepada petunjuk teknis dari KemenAg Jatim dan Kemenag Trenggalek, yang dilakukan dengan jalur tes dan jalur prestasi untuk menentukan pengelompokkan kelas. (2) Pelaksanaan Pembinaan Siswa di MTsN 1 Trenggalek dilakukan di bidang akademik dan non akademik. (3) Evaluasi Siswa di MTsN 1 Trenggalek dilakukan oleh guru/pembina baik akademik maupun non akademik secara harian, pertengahan semester, dan akhir semester melalui tes tulis, lisan, dan praktik. Kepala madrasah melakukan evaluasi secara insidental (monitoring/pengawasan) dan melalui laporan (lisan dan tulisan berupa LPJ).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:29
Last Modified: 16 Aug 2023 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38762

Actions (login required)

View Item View Item