PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMAN 01 SRENGAT BLITAR

ELOK FAIQOTUL HIMMAH, 12201183024 (2023) PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUSITAS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMAN 01 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religiusitas melalui Budaya Sekolah di SMAN 01 Srengat Blitar” ditulis oleh Elok Faiqotul Himmah, NIM. 12201183024, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Peran Guru, Religiusitas, Budaya Sekolah Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Agama Islam di sekolah umum yang secara formal hanya terselenggara dengan waktu yang terbatas. Melihat hal itu, SMAN 01 Srengat mengembangkan nilai-nilai religius menjadi pembiasaan-pembiasaan dalam aktivitas sehari-hari di sekolah. Karena kebiasaan yang berulang akan menjadi sebuah budaya yang bernuansa Islami sehingga dapat membentuk religiusitas seseorang. Maka, dalam prosesnya dibutuhkan peran dari guru PAI untuk membantu menanamkan nilai-nilai religiusitas kepada peserta didik supaya dapat menjalankan budaya religiusitas di sekolah dengan konsisten. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran Guru PAI dalam menanamkan nilai ibadah melalui budaya sekolah di SMAN 01 Srengat Blitar? (2) Bagaimana peran Guru PAI dalam menanamkan nilai kesopanan melalui budaya sekolah di SMAN 01 Srengat Blitar? (3) Bagaimana peran Guru PAI dalam menanamkan nilai toleransi melalui budaya sekolah di SMAN 01 Srengat Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa penting peran guru PAI dalam menanamkan nilai religius dalam bentuk budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada para warga sekolah di SMAN 01 Srengat Blitar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian, pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi data. Selanjutnya, tahap-tahap dalam penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelasaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai ibadah yang ditanamkan meliputi ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah. Pembudayaan nilai ibadah melalui beberapa cara yaitu membiasakan shalat berjamaah, membiasakan membaca al-Qur’an, dan membiasakan bersedekah di hari Jum’at. Adapun yang dilakukan oleh guru PAI dengan membimbing, memberikan teladan, dan mengevaluasi perkembangan ibadah peserta didik. (2) Nilai-nilai kesopanan yang ditanamkan meliputi perilaku, perkataan, dan penampilan yang baik. Pembudayaan nilai kesopanan melalui beberapa cara yaitu membiasakan 3S (Senyum, Sapa, dan Salam), membiasakan berpakaian Islami, dan merayakan maulid Nabi Muhammad SAW. Adapun yang dilakukan oleh guru PAI dengan mendidik, memberikan nasehat, dan memberikan teladan sesuai norma yang berlaku. (3) Nilai-nilai toleransi yang ditanamkan meliputi penerimaan, penghargaan, kebebasan, dan kerjasama. Pembudayaan nilai toleransi melalui beberapa cara yaitu membiasakan berdiskusi, meningkatkan literasi membaca kitab suci, membiasakan GTA (Gerakan Tangan di Atas), kerja bakti dan peduli lingkungan. Adapun yang dilakukan oleh guru PAI dengan mendidik, membimbing, dan menasehati peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:25
Last Modified: 11 Aug 2023 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38769

Actions (login required)

View Item View Item