HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 GONDANG TAHUN AJARAN 2021/2022

HANI ANANDA APRILISA, 12210183145 (2023) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 1 GONDANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Hubungan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2021/2022” yang ditulis oleh Hani Ananda Aprilisa, NIM.12210183145, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Lilis Anifah Zulfa M.Pd. Kata kunci : Kosakata Bahasa Indonesia, Kemampuan Menulis, Teks Anekdot Kegiatan menulis merupakan salah satu ketrampilan berbahasa yang diperoleh secara tidak langsung, melainkan melalui praktik yang banyak dan teratur. Salah satu cara agar terampil menulis adalah menguasai kosakata. Semakin banyak kosakata yang dimiliki, maka semakin besar kemungkinan terampil menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks anekdot. Penguasan kosakata yang baik akan berdampak pada wawasan dan pengetahuan kosakata yang luas sehingga diharapkan dapat menyusun kalimat secara lebih baik dan menjadikan sebuah karangan yang baik dan benar dengan penggunaan kosakata bahasa Indonesia. Ketrampilan menulis teks anekdot memerlukan sebuah penguasaan kosakata dan struktur kalimat yang baik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif korelasi. Penelitian dengan menggunakan statistik yang mengukur pengaruh dua variabel atau lebih. Variabel X penguasaan kosakata dan Variabel Y kemampuan menulis teks anekdot. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampilng. Dalam pengujian hipotesis ini menggunakan product momen untuk mencari suatu hubungan dan membuktikan hubungan dua variabel dengan data kedua variabel. Sampel pada penelitian ini pada kelas X Mipa 2 dengan sebanyak 36 responden. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa Penguasaan kosakata siswa kelas X MIPA SMAN 1 Gondang secara keseluruhan memperoleh skor ratarata 76,35 dengan kategori lebih dari cukup (LDC). Kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 1 Gondang secara keseluruhan memperoleh skor 70,57 dengan kategori lebih dari cukup (LDC). Ada hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMAN 1 Gondang sebesar 0,604 dengan kategori keeratan korelasi kuat (rhitung =0,604 pada taraf nyata a= 0,05 dengan N=36, rtabel= 0,329, dan rh> rt).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Naskah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210183145 Hani Ananda Aprilisa
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:43
Last Modified: 28 Aug 2023 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38781

Actions (login required)

View Item View Item