STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MA MA’ARIF PONGGOK

ADHE CAHYA EKA PUTRA, 12201193340 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MA MA’ARIF PONGGOK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi. “Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membina Karakter Religius Siswa DI MA Ma’arif Ponggok” ini di tulis oleh Adhe Cahya Eka Putra, Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan NIM : 12201193340 Tahun 2023 dibimbing oleh bapak Muhammad Sulthon Aziz, Lc., M.H. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Karakter Religius Munculnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan hidup, juga membuka peluang untuk melakukan berbagai macam tindakan kejahatan yang lebih canggih lagi jika ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut disalahgunakan. Bangsa indonesia dihadapkan dengan masalah moral dan akhlak yang cukup serius, yang jika dibiarkan akan menghancurkan bangsa indonesia itu sendiri, prakti hidup yang menyimpang dan penyalahgunaan dijadikan kesempatan dengan mengambil bentuk perbuatan sadis dan merugikan orang lain kian bertambah subur di berbagai wilayah, untuk mengantisipasi keadaan yang semakin memburuk ini, tentunya tidak cukup hanya dengan salah satu faktor namun akan lebih optimal jika mengkorelasikannya dengan berbagai metode seperti pembinaan karakter religius melalui pembelajaran akidah akhlak yang mengarahkan siswa yang menjadi peserta didik yang nantinya diharapkan akan menjadi insan yang kamil dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan pendekatan pembelajaran Akidah Akhlak dalam bentuk karakter religius siswa di MA Ma‟arif Ponggok. (2) Mendiskripsikan penerapan pembelajaran akidah akhlak dalam membina karakter religius siswa di MA Ma‟arif Ponggok. (3) Untuk mendiskripsikan evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam membina karakter religius siswa di Madrasah Aliyah Ma‟arif Pnggok (4) Mendiskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pembinaaan karakter religius siswa di MA Ma‟arif Ponggok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa deskripsi. Objek yang diteliti adalah peserta didik Madrasah Aliyah Ma‟arif Ponggok dan Guru mata pelajaran, agar nantinya memperoleh data yang sesuai, maka peneliti sebagai instrumen penelitian dalam mengetahui dan mencari data dilapangan, Teknik pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara direduksi, dipaparkan, dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian dilapangan menunjukkan bahwa : (1) Pendekatan pembelajaran akidah akhlak yang digunakan dalam membina karakter religius siswa di MA Ma‟arif Ponggok adalah pendekatan individual seperti guru melakukan komunikasi dan bimbingan secara khusus kepada siswa secara individu untuk mengatasi masalah yang dihadapi, Pendekatan kelompok seperti membentuk kelompok dan melakukan kuis, dan Pendekatan pembiasaan seperti memberikan concoh dan membiasakan siswanya agar selalu berbuat baik dan disiplin juga diimbangi dengan adanya tata tertib yang bertujuan agar para murid mempunyai karakter yang baik. (2) penerapan pembelajaran yang Guru Akidah Akhlak lakukan berjalan dengan baik dan menyenangkan, beliau selalu mencontohkan nilai-nilai yang baik kepada peserta didik. Ketika pembelajaran beliau menggunakan beberapa metode, di antaranya yaitu metode langsung atau ceramah, metode team quiz, metode keteladanan, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode diskusi, dan metode latihan. (3) Evaluasi pembimbingan karakter melalui Dengan melihat langsung akhlak siswa sehari-hari disekolah, Evaluasi dengan pengawasan, Evaluasi yang dilakukan sekolah melalui agenda rapat setiap bulan. (4) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter di MA Ma‟arif yaitu selalu menanamkan nilai-nilai karakter, terdapat peraturan dan sanksi baagi siswa yang melanggar aturan, serta banyaknya kegiatan rutin yang dilakukan guna membentuk karakter siswa. Sedangkan faktor Penghambat dalam membina Karakter Religius Siswa di MA Ma‟arif masih ditemukan beberapa siswa yang masih berbicara sendiri di kelas dan juga beberapa anak yang kurang disiplin seperti jalan-jalan ke tempat duduk siswa yang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193340 ADHE CAHYA EKA PUTRA
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:40
Last Modified: 16 Aug 2023 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38783

Actions (login required)

View Item View Item