PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM SUNAN GIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Dwi Tuti Pusfiotasari, 2817123045 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD ISLAM SUNAN GIRI WONOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1- SAMPUL.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-PERSETUJUAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-PENGESAHAN.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Tuti Pusfitasari, NIM. 2817123045, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Means Ends Analysis, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Matematika di kelas V SD Islam Sunana Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung yang motivasi dan hasil belajar peserta didik masih relatif rendah sebab guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, serta jarang menggunakan media di dalam pembelajaran. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis. Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysisdalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Matematika, sehingga motivasi dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Tujuandalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis pada mata pelajaran Matematika peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. (2) Meningkatan motivasi belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. (3) Meningkatan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis peserta didik kelas V SD Islam Sunan Giri Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), (4) Refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis pada mata pelajaran Matematika adalah sebagai berikut; menyampaikan kompetensi yang akan dicapai; menyajikan materi pengantar; membagi kelompok dan membagikanlembar soal; membimbing kelompok belajar; membantuk kelompok memilih strategi pemecahan masalah yang sesuai; melakukan evaluasi hasil kerja kelompok; menyimpulkan pelajaran yang telah dilakukan; dan penugasan. (2) Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari sebelum diberikan tindakan yaitu 110,88 (sedang) ke akhir tindakan siklus kedua yaitu mencapai 124,26 (tinggi). Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 13,38. (3) Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus pertama adalah 67,39 (73,91%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus kedua adalah 84,13 (91,30%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 16,74. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran means ends analysis dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V di SD Islam Sunan Giri Wonorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123045 dwi tuti pusfitasari
Date Deposited: 03 Oct 2016 02:34
Last Modified: 03 Oct 2016 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3879

Actions (login required)

View Item View Item