ATIQOTUL MAULA AL FARIHAH, 17201163083 (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE JABAROIL DI PGPQ BMQ AT-TARTIL PLEMAHAN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (778kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (430kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (730kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Problematika, Huruf Hijaiyah, Metode Jabaroil Problematika pembelajaran huruf hijaiyah disini adalah permasalahanpermasalahan yang dialami pendidik dalam mengajarkan membaca huruf hijaiyah kepada peserta didik di Pendidikan Guru Pengajar Qur’an (PGPQ). Adapun yang dimaksud dengan peserta didik adalah para guru pengajar Al-Qur’an atau guru dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Pembelajaran huruf hijaiyah dengan menggunakan metode jabaroil dapat mengalami permasalahan-permasalahan yang mengganggu kegiatan pembelajaran akibat faktor-faktor tertentu. Maka, permasalahan-permasalahan tersebut perlu dianalisis dan diatasi dengan solusisolusi yang dapat membantu jalanya kegiatan belajar mengajar menuju tercapainya tujuan pembelajaran. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan metode Jabaroil di PGPQ BMQ AT-Tartil Plemahan Kediri?, 2) Apa sajakah kesulitan yang dihadapi pendidik dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan metode Jabaroil di PGPQ BMQ At-Tartil Plemahan Kediri?, 3) bagaimana upaya pendidik dalam mengatasi kesulitan dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan metode Jabaroil di PGPQ BMQ At-Tartil Plemahan Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilaksanakan dengan menggunakan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan metode jabaroil di PGPQ BMQ At-Tartil Plemahan Kediri dilakukan dengan cara 3M yaitu pendidik memberikan contoh pengucapan terlebih dahulu dan didengarkan oleh peserta didik kemudian ditirukan dan dilanjutkan dengan driil alat peraga dan drill buku oleh pendidik an peserta didik yang mendapat nilai bagus dan terakhir adalah evaluasi. 2) Kesulitan yang dihadapi oleh pendidik dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan metode jabaroil di PGPQ BMQ At-Tartil Plemahan Kediri antara lain: kehadiran pendidik, tingkat daya ingat dan intelegensi peserta didik yang kompleks, konsentrasi peserta didik, dan rasa percaya diri peserta didik. 3) Upaya pendidik dalam mengatasi kesulitan pada pembelajaran membaca huru hijaiyah dengan menggunakan metode jabaroil di PGPQ BMQ At-Tartil Plemahan Kediri antara lain: mecari pendidik pengganti atau mengganti hari jadwal pembelajaran, mengikuti pelatihan, ice breaking, dan nderes secara online dan offline.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 17201163083 ATIQOTUL MAULA AL FARIHAH |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 06:33 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 06:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38799 |
Actions (login required)
View Item |