PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

FARA OKTA DELLA, 12201193223 (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Fara Okta Della, 122011193223, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 03 Kedungwaru, Tulungagung. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Moh. Mashudi, M. Pd. I Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Keaktifan, Hasil Belajar Penelitan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Sebagian siswa berasumsi bahwa pembelajaran agama islam merupakan pembelajaran yang membosankan, dan tidak menarik. Selain itu, penggunaan model pembelajaran masih menggunakan metode konvensional yang sehingga siswa menjadi pasif dan kurang berdistribusi. Salah satu cara agar peserta didik aktif dalam pembelajaran adalah dengan menerapkannya model STAD (Student Teams Achievement Divisions) dimana peserta didik dituntut untuk aktif dan berpartisipasi selama pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah penelitian (1) adakah pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 03 Kedungwaru, Tulungagung (2) adakah pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 03 Kedungwaru, Tulungagung (3) adakah pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 03 Kedungwaru, Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah kelas VII di SMPN 03 Kedungwaru dan sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas VII -B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII -G dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Dalam prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Independent Sample T Test dan Uji Repeated Measure Anova. Dari analisis disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap keaktifan peserta didik mata pelajaran PAI dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:31
Last Modified: 15 Aug 2023 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38800

Actions (login required)

View Item View Item