RISTU WAHYU STIAWAN, 12210193102 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GIM RPG (ROLE PLAY GAME) DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI KELAS X. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (201kB) |
Abstract
Kata kunci: media pembelajaran, gim RPG, teks biografi Gim kini kian mudah untuk dimainkan oleh siapa saja dan di mana saja. Gim kini tersedia di berbagai platform secara daring laupun luring. Bebagai genre gim dimainkan anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Karena itulah media gim dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk menarik siswa. Beberapa penenlitian terdahulu yang telah dilakukan, menunjukkan kurangnya ketertarikan siswa kepada materi pembelajaran karena kurangnya media yang menarik. Hal tersebut juga terjadi di SMAN 1 Durenan. Di sekolah tersebut media yang digunakan masih kurang menarik karena lebih sering menggunakan media konvensional berupa papan tulis dan buku ajar. Pada pembelajaran teks biografi siswa masih merasa bosan dengan penggunaan media yang kurang menarik. Dari permasalah tersebut peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran berbasis gim RPG pada materi teks biografi. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menghasilkan media pembelajaran teks biografi berbasis gim RPG kelas X, 2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berbasis game RPG kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi langkah penelitian Borg and Gall. Langkah-langkah penelitian ini meliputi; 1) tahap analisis kebutuhan, 2) tahap pengembangan draf, 3) validasi ahli, 4) revisi produk, 5) uji coba terbatas, 6) revisi produk, 7) produk final. Dalam penelitian ini digunakan tiga instrumen berupa angket, wawancara, dan observasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan dua jenis yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengolah data verbal lisan maupun verbal tulis. Pada penelitian ini analisis data dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Miles dan Huberman meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil uji kelayakan media pembelajaran tahap pertama mendapatkan skor 31 yang berarti “cukup baik”. Hasil uji kelayakan media tahap kedua memperoleh skor 35 yang menunjukan kriteria “sangat baik”. Uji kelayakan materi tahap pertama diperoleh skor 30 yang berarti materi dinyatakan “sangat baik Uji kelayakan materi tahap kedua memperoleh total skor 31 yang menyatakan bahwa materi memperoleh kriteria “sangat baik”. Uji kelayakan oleh guru praktisi memperoleh total skor sebesar 27 yang menyatakan “sangat baik”. Dengan kriteria sangat layak dari para validator media dapat di uji coba ke siswa. Hasil uji coba menghasilkan respon siswa dengan skor total uji sebesar 1223 yang menunjukan kriteria “cukup baik”. Dari hasil uji kelayakan, angket respon siswa, dan FGD diperoleh saran revisi penambahan detail tampilan media, fungsi tombol, materi pembelajaran, dan suara latar. Setelah media direvisi sesuai dengan saran yang diperoleh, dilakukan disiminasi dengan melakukan hosting gim di Itch.io.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mahasiswa 12210193102 Ristu Wahyu Stiawan |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 08:36 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 08:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38815 |
Available Versions of this Item
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GIM RPG (ROLE PLAY GAME) DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI KELAS X. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GIM RPG (ROLE PLAY GAME) DALAM PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI KELAS X. (deposited 21 Aug 2023 08:36) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |