IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK AISYIYAH 4 MOJOKERTO

SILVIA WAFIQUL UMAMI, 12206193094 (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK AISYIYAH 4 MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Media Pembelajaran Gambar Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK Aisyiyah 4 Mojokerto” ini ditulis oleh Silvia Wafiqul Umami, NIM. 12206193094, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh : Ikfi Khoulita, M. Pd. I. Kata kunci : Implementasi, motorik halus, Media gambar. Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi pertama dan terpenting dalam perkembangan kepribadian anak, baik yang berkaitan dengan karakter, kemampuan fisik, kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, mental, disiplin diri dan kemandirian. Salah satu kemampuan anak yang saat ini sulit berkembang yaitu pada kemampuan motorik halus anak, masalah yang berkaitan dengan pergeseran nilai pada anak usia dini yaitu mengalami kesulitan dalam menulis, menggambar, dan bahkan anak tidak mengerti cara memegang pensil, memegang gunting dengan benar sehingga kegiatan pembelajaran yang membutuhkan otot- otot kecil belum mencapai tujuan, oleh karena itu keterampilan motorik halus anak harus dikembangkan untuk melatih pergelangan dan jari-jari tangan. Penelitian ini dilatar belakangi realita akan pentingnya pengembangan kemampuan motorik halus pada anak usia dini yang salah satunya diwujudkan dengan menggunakan media gambar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana implementasi perkembangan motorik halus anak menggunakan media gambar di kelompok B TK Aisyiyah 4 Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, pada penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisa tentang fenomena yang terjadi di lapangan selama penelitian berlangsung terkait dengan implementasi media gambar dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Aisyiyah 4 Kota Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian implementasi media pembelajaran gambar dalam pengembangan motorik halus anak di kelompok B TK Aisyiyah 4 kota Mojokerto menunjukkan hasil yang baik. Pada indikator gerakan otot-otot kecil anak mampu mengunting kertas origami dengan pola geometri, pada indikator koordinasi otot tangan dan mata anak dapat menempelkan kertas origami di atas LKA dengan lem kertas. hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak salah satunya dibuktikan dengan kegiatan mengindentifikasi serta mencocokan gambar dan kertas origami yang dibentuk menjadi geometri sederhana, melalui proses mengunting telah terbukti dapat mengembangkan motorik halus anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193094 SILVIA WAFIQUL UMAMI
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:01
Last Modified: 23 Aug 2023 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38831

Actions (login required)

View Item View Item