PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI SMP MUALLIMIN WONODADI

FADILA RIDOU TADAWIYAH, 12207193119 (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI SMP MUALLIMIN WONODADI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengajar di SMP Muallimin Wonodadi” yang ditulis oleh Fadila Ridou Tadawiyah, NIM.12207193119, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi. Kepemimpinan kepala sekolah adalah kemampuan seseorang dalam proses mempengaruhi, membimbing, mendorong, menggerakkan dan mengarahkan orang lain dalam hal pembelajaran dan dapat berjalan dengan efektif. Motivasi kerja adalah sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan kerja. Kinerja guru juga merupakan faktor yang menentukan berkualitas tidaknya suatu lembaga sekolah. Oleh karena itu, peningkatan kinerja guru perlu mendapat perhatian yang serius dari berbagai pihak dan upaya peningkatan faktor-faktor yang berkaitan dengan kinerja guru seperti kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Dari penjelasan diatas penulis menulis rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi? (2) Apakah motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi? (3) Apakah kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis sampling jenuh, skala pengukuran yang digunakan yaitu skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji pra-syarat, uji analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 responden yaitu semua guru SMP Muallimin Wonodadi. Selanjutnya data diolah melalui SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi yang diperoleh nilai sebesar 0,032 < 0,05 dan nilai t-hitung 2,247 > t-tabel 1,693, jadi dapat ditentukan jika H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi. (2) Terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi yang diperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 6,521 > t-tabel 1,693, jadi dapat ditentukan jika H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi. (3) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi yang diperoleh nilai F-hitung 21,740 > F-tabel 3,29 dengan taraf nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam mengajar di SMP Muallimin Wonodadi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:56
Last Modified: 15 Aug 2023 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38840

Actions (login required)

View Item View Item