PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR

SITI ROHMATUN NAZILAH, 12207193113 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI WAHID HASYIM BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar” yang ditulis oleh Siti Rohmatun Nazilah, NIM 12207193113, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan. Mutu pendidikan merupakan tujuan yang selalu diupayakan oleh semua pelaku pendidikan dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, sehingga organisasi yang mengelola satuan pendidikan selalu mengupayakan pendidikan yang bermutu. Mutu pendidikan akan tercapai, apabila didukung oleh seluruh komponen dalam pendidikan yang terorganisir dengan baik. Salah satu komponen yang sangat berperan yakni kepala sekolah. Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Untuk itu, kepemimpinan kepala sekolah harus dioptimalkan agar kepala sekolah dapat berperan sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawabnya sehingga dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang diharapkan. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai educator dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? 2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar? 3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar?. Dengan tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai educator dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, 2) untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar, 3) untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai moivator dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Wahid Hasyim Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mandalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) edukator di MI Wahid Hasyim adalah dengan memberikan arahan kepada para guru dan staf dalam rapat rutin, mengikutkan dalam pelatihan, seminar dan memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan S2/S3, membimbing peserta didik dengan memberikan arahan dan menyediakan fasilitas yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran serta kegiatan ekstrakurikuler,kepala sekolah mengikuti perkembangan iptek dengan mengikuti pelatihan, seminar, memfasilitasi para guru dan staf seperti alat alat elektronik, serta mengajak para guru yang mempunyai keahlian dibidang teknologi untuk bekerjasama, kepala sekolah menyediakan layanan BK dan membantu guru BK jika ada waktu luang. 2) supervisor di MI Wahid Hasyim adalah dengan melaksanakan supervisi setiap 3 bulan sekali dan melakukan kunjungan kelas jika ada waktu luang, Menyusun supervisi bersama dengan waka kurikulum, waka sarpras dan waka kesiswaan, melaksanakan supervisi didampingi waka kurikulum dengan melakukan kunjungan kelas, memperbaiki hasil supervisi dalam sebuah rapat. 3) motivator di MI Wahid Hasyim adalah dengan mengatur lingkungan fisik melalui pemberian jadwal piket untuk peserta didk, para guru dan staf serta mengadakan kerja bakti setiap hari jumat pagi, menanamkan kedisiplinan dengan menydiakan presensi kehadiran untuk peserta didik dan fingerprint untuk para guru dan staf serta dengan adanya tata tertib yang harus dipatuhi, memberikan dorongan kepada semua warga sekolah pada saat apel bersama dan menampilkan peserta didik yang berprestasi untuk maju kedepan, memberikan reward dan punishment.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:35
Last Modified: 16 Aug 2023 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38843

Actions (login required)

View Item View Item