IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK MIN 7 TULUNGAGUNG

SABRINA IZZA NAILYYUSRO, 12205193021 (2023) IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ”Implementasi metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tematik peserta didik MIN 7 Tulungagung ” ini ditulis oleh Sabrina Izza Nailyyusro, NIM. 12205193021, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Zainudin, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Tanya Jawab, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran menyebabkan pembelajaran menjadi tidak maksimal dan akan berdampak pada hasil belajar yang diperoleh. Metode tanya jawab adalah metode pembelajaran yang memungkinkan terjadinya komunikasi lansung antara guru dan peserta didik. Pada proses pengimplementasian metode tanya jawab ini guru dapat merangsang, melatih, mengembangkan daya ingat dan keberanian peserta didik dalam mengemukakan pendapat khusunya pada pelajaran Tematik. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 7 Tulungagung Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7 Tulungagung? (2) Bagaimana cara mengimplementasikan metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pengimplementasian metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7 Tulungagung?.Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan dalam mengimplementasikan metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan cara mengimplementasikan metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7 Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pengimplementasian metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian meliputi waka kurikulum, guru, peserta didik dan dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan implementasi metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7 Tulungagung yaitu menyiapkan serta mempelajari silabus dan rpp; menyiapkan pertanyaan dan jawaban (2) Cara mengimplementasikan metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7, yaitu mengondisikan kelas tetap tenang; mengajukan pertanyaan pada peserta didik; memberikan penguatan jawaban pada peserta didik; melibatkan peserta didik lain dalam melengkapi jawaban; dan menyimpulkan jawaban. (3) Evaluasi pengimplementasian metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar tematik peserta didik MIN 7 yaitu mengondisikan kelas dengan keadaan tenang; melaksanaan pembelajaran sesuai rpp; menyiapkan materi dengan baik; menyajikan materi dengan teknik yang menarik; serta memberikan reward kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193021 SABRINA IZZA NAILYYUSRO
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:31
Last Modified: 16 Aug 2023 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38855

Actions (login required)

View Item View Item