PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS DARUL HUDA WLINGI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

RAHAYU, 12204193200 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS DARUL HUDA WLINGI PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Centered Learning Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa Kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi Pada Materi Kubus dan Balok” ini ditulis oleh Rahayu, NIM. 12204193200, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si Kata Kunci: Problem Centered Learning, Hasil Belajar, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil dan minat belajar matematika siswa. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan belum efektif. Problem Centered Learning merupakan model pembelajaran pendidikan matematika yang berdasarkan pada pemecahan masalah yang disebut juga model pembelajaran yang terpusat pada siswa. Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Centered Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi pada materi kubus dan balok, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Centered Learning terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi pada materi kubus dan balok, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Centered Learning terhadap hasil dan minat belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi pada materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang di pilih adalah Quasi Experimental (eksperimen semu), dengan jenis penelitian Posttest only design with nonequivalent group design.. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII-A terpilih sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Centered Learning. Kelas VIII-B terpilih sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa, dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test, uji Mann-Whitney dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Centered Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,047 < 0,05; (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Centered Learning terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,027 < 0,05; (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Centered Learning terhadap hasil dan minat belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wlingi. Dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193200 Rahayu
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:20
Last Modified: 16 Aug 2023 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38860

Actions (login required)

View Item View Item