ANALISIS PERGESERAN MAKNA PADA TEKS CERITA FANTASI KARANGAN SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL DAN IMPLIKASINYA PADA MATA KULIAH SEMANTIK

HEAVEN FREDERICA, 12210193089 (2023) ANALISIS PERGESERAN MAKNA PADA TEKS CERITA FANTASI KARANGAN SISWA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL DAN IMPLIKASINYA PADA MATA KULIAH SEMANTIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pergeseran Makna pada Teks Cerita Fantasi Karangan Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol dan Implikasinya pada Mata Kuliah Semantik” disusun oleh Heaven Frederica, NIM 12210193089, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Analisis pergeseran makna, mata kuliah semantik Pada era digital ini, banyak kata yang mengalami pergeseran makna. Hal ini juga berpengaruh pada karangan siswa salah satunya pada teks cerita fantasi. Pada pergeseran makna terdapat tiga wujud pergeseran, yaitu pergeseran makna berdasarkan waktu pemakaian, pergeseran makna berdasarkan nilai rasa dan pergeseran makna berdasarkan tanggapan. Pada penelitian ini akan dibahas analisis teks cerita fantasi karangan siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol berdasarkan tiga wujud pergeseran makna tersebut lalu diimplikasikan pada mata kuliah semantik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menelusuri pergeseran makna yang terdapat pada karya siswa berupa teks cerita fantasi. Selain itu juga dapat diimplementasikan pada mata kuliah semantik sebagai bahan ajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana wujud pergeseran makna pada teks cerita fantasi karangan siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol (2) Bagaimana implikasi pergeseran makna pada teks cerita fantasi karangan siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol pada mata kuliah semantik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud pergeseran makna pada teks cerita fantasi karangan siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol dan mendeskripsikan implikasi pergeseran makna pada teks cerita fantasi karangan siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol pada mata kuliah semantik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari karya siswa yaitu teks cerita fantasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, teknik baca dan teknik catat. Analisis data yang dilakukan dengan membaca satu persatu semua karangan teks cerita fantasi siswa, menganalisis pergeseran makna pada teks cerita fantasi siswa lalu diimplikasikan pada mata kuliah semantik. Hasil analisis bentuk pergeseran makna pada teks cerita fantasi siswa bahwa terdapat 13 data tentang pergeseran makna meluas (generalisasi), 3 data tentang pergeseran makna menyempit (spesialisasi), 1 data tentang pergeseran makna ameliorasi (lebih baik), 4 data tentang pergeseran makna peyorasi (lebih buruk), 1 data tentang pergeseran sinestesia dan 1 data tentang pergeseran makna asosiasi. Berdasarkan hasil analisis pergeseran makna pada teks cerita fantasi karangan siswa diperoleh hasil bahwa penelitian ini dapat dijadikan pendidik sebaai bahan ajar pada mata kuliah semantik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210193089 HEAVEN FREDERICA
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:09
Last Modified: 16 Aug 2023 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38878

Actions (login required)

View Item View Item