UPAYA GURU DALAM PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SEKOLAH MTSN 7 TULUNGAGUNG

AHMAD FARUQ SYAIFULLAH, 12201193153 (2023) UPAYA GURU DALAM PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SEKOLAH MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Syaifullah, Ahmad, Faruq. 2023. Upaya Guru Dalam Pemberian Motivasi Terhadap Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Prof. Drs. H. Imam Fuadi.M. Ag Proses pembelajaran adalah reaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Pendidikan adalah pelaku penting terjadinya interaksi belajar ini dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar merupakan interaksi edukatif yang dilakukan oleh guru dan peserta didik di dalam situasi tertentu. Mengajar atau lebih spesifik lagi dilaksanakan proses belajar mengajar bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan dapat terjadi begitu saja tanpa direncanakan sebelumnya, akan tetapi mengajar itu merupakan suatu kegiatan yang semestinya direncanakan dan didesain sedemikian rupa mengikuti langkah-langkah dan prosedur tertentu. Sehingga dengan demikian pelaksanaannya dapat dicapai hasil yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana usaha guru dalam pemberian motivasi terhadap peserta didik dalam mata pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung? 2) Apa kendala guru fiqih dalam memberikan motivasi terhadap peserta didik pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung? 3) Bagaimana solusi guru fiqih dalam pemberian motivasi terhadap peserta didik dalam mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penariikan kesimpulan. Metode pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang mendidik mata pelajaran fiqih, dan para Peserta Didik yang terdapat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung. Kepala sekolah, siswa, arsip dan peristiwa kejadian. Hasil penelitian menunjukkanPelaksanaan Guru Dalam Pemberian Motivasi Terhadap Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung meliputi: Pemberian motivasi dalam bentuk 1). pujian, hadiah, Hukuman. Kendala Guru Dalam Pemberian Motivasi Terhadap Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung meliputi: Masalah yang terjadi dikarenakan oleh faktor dari siswa itu sendiri. Faktor selanjutnya komunikasi antara guru dan siswa kurang terjalin dengan baik. Solusi Guru Dalam Pemberian Motivasi Terhadap Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Tulungagung meliputi, Memberi Nasehat, dan Hukuman. Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi, Fiqih

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 12201193153 AHMAD FARUQ SYAIFULLAH
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:43
Last Modified: 16 Aug 2023 08:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38886

Actions (login required)

View Item View Item