STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS X MAN 9 JOMBANG SKRIPSI

NURUL ALVIATUNNI’MAH, 12201183190 (2023) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS X MAN 9 JOMBANG SKRIPSI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

Pembelajaran daring termasuk dalam pendidikan formal yang diterapkan oleh beberapa lembaga pendidikan yang berada dilokasi terpisah dengan menggunakan suatu sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan antara peserta didik dan pendidik sehingga dapat berbagai sumber pembelajaran yang diperlukan. Pembelajaran daring tidak terbatas waktu dan tempat, oleh karena itu pembelajaran ini dapat dilaksanakan dari mana dan kapan saja sesuai ketersediaan alat pendukung yang digunakan baik menggunakan paket data maupun melalui sambung wifi. Definisi dari pembelajaran daring secara umum dapat diartikan sebagai pembelajaran yang menggunakan media internet tanpa ada batasan ruang dan waktu dalam menjalankan proses pembelajaran. Pembelajaran daring juga dapat diterapkan dengan menggunakan berbagai media atau aplikasi seperti zoom, google class room, whatsapp group, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah :Untuk menjelaskan secara rinci tentang perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi guru aqidah akhlak dalam menumbuhkan motivasi siswa pada pembelajaran daring di kelas X MAN 9 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dari non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, data display, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian, Pertama, Perencanaan Guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak dalam pembelajaran daring sebagai berikut:Guru dapat menerangkan pembelajaran dengan beberapa aplikasi seperti: google meet, whatsapp group, dan zoom. Masing-masing aplikasi tersebut mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Kedua,Pelaksanaan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring: Guru harus mempunyai ide-ide cara mengajar yang menarik agar siswa tidak merasakan kebosanan pada saat diterangkan.Intinya mata pelajaran aqidah itu berbeda dengan umum yang hanya bisa dijelaskan dengan lisan saja. Tapi kalau aqidah itu harus dengan lisan dan contoh atau gerakan.Ketiga,Evaluasi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran daring: Evaluasi guru dalam menumbuhkan motivasi siswa sangat penting sekali dalam sebuah pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12205183005 UPLOAD REPO
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:42
Last Modified: 06 Sep 2023 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38903

Actions (login required)

View Item View Item