STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA KAUM LANSIA DI TPA UNGKUK SUDIMORO PACITAN

ALFINA HUMAIDA, 12201193110 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA KAUM LANSIA DI TPA UNGKUK SUDIMORO PACITAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Kaum Lansia di TPA Ungkuk Sudimoro Pacitan” ini ditulis oleh Alfina Humaida, NIM. 12201193110, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah yang dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, membaca Al-Qur’an, Lansia Penetilian ini dilatar belakangi dari kurangnya kemampuan membaca Al- Qur’an pada lanjut usia. Selama ini terlalu banyak pembelajaran Al-Qur’an untuk anak usia dini saja sedangkan masih banyak para lansia yang belum bisa membaca Al-Qur’an, padahal mayoritas masyarakat yang ada di Indonesia itu adalah seorang muslim. Di TPA Ungkuk Kecamatan Sudimoro Kabupaten Pacitan ini penulis menemukan suatu keunikan di mana para lanjut usia masih belajar membaca Al- Qur’an, sedangkan lazimnya belajar membaca Al-Qur’an itu dilakukan oleh anak- anak dan remaja, akan tetapi di TPA Ungkuk para lansia masih mempunyai semangat untuk belajar membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti di TPA Ungkuk Sudimoro Pacitan ini karena terdapat pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi kaum lansia. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi individual dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kaum lansia di TPA Ungkuk Sudimoro Pacitan, 2) Bagaimana strategi klasikal dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kaum lansia di TPA Ungkuk Sudimoro Pacitan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, di dukung observasi non partisipan dan di lengkapi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamtan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah : (1) Strategi pertama yang digunakan guru yaitu strategi Individual. Dalam pelaksanaannya lansia sebelum membaca Al-Qur’an di hadapan ustadz atau ustadzah yaitu nderes terlebih dahulu kemudian maju satu persatu maju di hadapan ustadz/ustadzah. Dalam satu pertemuan tidak hanya mentashih bacaan kepada satu guru saja. Kemampuan dari lansia per individu tentunya berbeda sehingga sehingga pencapaiannya juga berbeda. (2) Strategi yang kedua yaitu strategi pembelajaran klasikal yang dimaksud yaitu dimana guru menjelaskan dan membimbing membaca Al-Qur’an di depan supaya para lansia bersama-sama mendengarkan serta menirukannya yang dilakukan secara berulang-ulang, Sebelum strategi klasikal ini biasanya juga dilakukan kajian fiqh untuk meningkatkan semangat pada kaum lansia. Dalam pembelajaran klasikal ini terdapat tanya jawab yang bertujuan agar lansia lebih paham dengan penjelasan dari pengajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193110 Alfina Humaida
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:15
Last Modified: 16 Aug 2023 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38919

Actions (login required)

View Item View Item