PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI BANJARAN 2 KOTA KEDIRI

HERNIFIONA, 12207193007 (2023) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI BANJARAN 2 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri Banjaran 2 Kota Kediri”, ini ditulis oleh Hernifiona, NIM. 12207193007, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd Kata Kunci: Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan, Kinerja Guru. Konteks penelitian ini membahas mengenai tentang peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru. Pada dasarnya kepala sekolah perempuan adalah pemegang penuh keberhasilan pada lembaga pendidikan yang bertanggung jawab dalam hal membina dan mengembangkan kinerja guru. Selain itu, kepala sekolah perempuan merupakan bagian untuk penentu mutu pendidikan yang telah memiliki kewenangan untuk menjalankan perannya. Pada setiap lembaga pendidikan sangat memerlukan sosok pemimpin yang dapat menjalankan perannya dengan baik. Hal tersebutlah yang mengantarkan dan membuat peneliti merasa tertarik untuk meneliti pada judul tersebut. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Banjaran 2 Kota Kediri?, (2) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Banjaran 2 Kota Kediri?, (3) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Banjaran 2 Kota Kediri?. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Banjaran 2 Kota Kediri, (2) Untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Banjaran 2 Kota Kediri, (3) Untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Banjaran 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini diperoleh peneliti dari data primer yaitu data yang berasal dari kepala sekolah perempuan, guru, dan operator dapodik. Kemudian juga dari data sekunder yaitu yang berasal dari dokumen, catatan, rekaman gambar/foto, dan hasil-hasil observasi yang berkaitan dengan penelitian. Analisis datanya sesuai dengan model interaktif yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) tahap pra-lapangan, (2) tahap kegiatan lapangan, (3) tahap analisis data, dan (4) tahap penulisan laporan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan sebagai manajer dalam meningkatkan kinerja guru terdiri dari (a) Dalam fungsi perencanaan rencana peningkatan profesionalisme guru disusun berdasarkan visi dan misi sekolah, serta menyusun program-program kerja sekolah dengan diadakan rapat setiap diawal tahun, dan setiap bulan, (b) Dalam fungsi pengorganisasian berdasarkan dengan struktur organisasi yang mengacu pada tupoksi masing-masing, (c) Dalam fungsi pelaksanaan yaitu menjalin komunikasi yang baik dengan guru, tenaga kependidikan, maupun warga sekolah baik dalam forum formal maupun non formal dengan menciptakan suasana kekeluargaan, menerapkan kedisiplinan, memberikan mengenai petunjuk dan informasi tugas-tugas yang diemban oleh guru.(d) Dalam fungsi evaluasi, dalam bentuk musyawarah yang dilakukan pada setiap akhir tahun, tiap semester, dan tiap bulan. (2) Peran kepemimpinan kepala sekolah perempuan sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru terdiri dari (a) Teknik individual (perseorangan) yaitu mengadakan kunjungan kelas, dan membimbing guru untuk cara mempelajari pribadi siswa dan atau mengatasi problem yang dialami oleh siswa. (b) Teknik kelompok yaitu mengadakan pertemuan rapat, dan mengadakan penataran-penataran. (3) Peran kepemimpinan kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru terdiri dari (a) Memberikan teladan, (b) Membangun semangat kinerja guru, (c) Menerapkan sistem reward dan punishment

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwiyanti Reni
Date Deposited: 17 Aug 2023 10:24
Last Modified: 17 Aug 2023 10:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38940

Actions (login required)

View Item View Item