DINA SAPUTRI, 12201193116 (2023) STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI MTS SULTAN AGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (737kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (116kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Siswa di MTs Sultan Agung Tulungagung” ini ditulis oleh Dina Saputri, NIM. 12201193116. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci: Strategi, Guru Tahfidz, Hafalan Al-Qur’an. Analisis data dalam penelitian yang berjudul “Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Siswa di MTs Sultan Agung Tulungagung” terdapat tiga kegiatan, diantaranya yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan metode pelaksanaan guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur’an siswa di MTs Sultan Agung Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan teknik pelaksanaan guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa di MTs Sultan Agung Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan hafalan siswa di MTs Sultan Agung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian terletak di MTs Sultan Agung Tulungagung. Terdapat dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yaitu memperpanjang masa pengamatan, pengamatan terus-menerus dan triangulasi. Tahapan penelitian yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Hasil penelitian (1) Guru tahfidz menggunakan strategi pengulangan ganda dan bimbingan. Metode yang dipakai yaitu metode tilawati. Prosedur pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. (2) Terdapat dua teknik dalam metode tilawati yaitu klasikal dan individual. Ujian tahfidz dilakukan di akhir semester yakni tasmi’ sesuai perolehan hafalan dan hafalan do’a sehari-hari. Hasil yang dicapai siswa yakni dapat mencapai target dan meraih prestasi juara 1 lomba MHQ. (3) Faktor pendukung yaitu sarana dan prasarana mewadahi, mendapat dukungan dari orang tua dan guru, ingin khatam 30 juz, rasa cinta terhadap alQur’an, pemilihan metode yang tepat. Faktor penghambat yaitu siswa mudah mengantuk, rasa malas, belum bisa istiqamah dalam menambah atau muraja’ah hafalan, sering bermain hp, belum bisa membagi waktu, alokasi waktu kurang dalam pembelajaran tahfidz, terdapat ayat-ayat sulit dihafal, pihak Madrasah belum bisa memaksimalkan penggunaan asrama. Solusi yaitu guru memberikan motivasi, guru koordinasi bersama orang tua siswa mengenai hafalan al-Qur’an, mengundang motivator dari luar, kalau mengantuk mengambil air wudhu, memanajemen waktu, menambah waktu jam tahfidz di luar jam pelajaran, mengurangi waktu bermain hp, mengulang berulang kali menjumpai ayat-ayat yang sulit, menambah kegiatan mengaji di daerah sekitar rumah, istiqamah menambah dan muraja’ah hafalan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193116 Dina Saputri |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 02:38 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 02:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38949 |
Actions (login required)
View Item |