KETERAMPILAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

ZAHRA ADHANUR RISKY NAFILA, 12205193226 (2023) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3 PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul, “Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Mind Mapping Untuk Memotivasi Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Zahra Adhanur Risky Nafila, NIM 12205193226, Pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Mind Mapping, Motivasi Belajar, Tematik. Guru memiliki keterampilan yang sangat penting dalam membantu perkembangan pembelajaran peserta didik dalam mewujudkan tujuan hidupnya secara maksimal terutama untuk memotivasi belajar peserta didik. Guru memiliki berbagai keterampilan salah satunya dalam mengadakan variasi dengan caral pembelajaran menggunakan media pembelajaran mind mapping khususnya pada tematik. Pembelajaran menggunakan media mind mapping ini adalah salah satu media yang memudahkan peserta didik untuk belajar serta perlu keterampilan guru untuk merancang media tersebut agar menjadi menarik sehingga peserta didik tidak bosan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bentuk perencanaan guru dalam menggunakan media pembelajaran mind mapping untuk memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mengetahui cara guru dalam menggunakan media pembelajaran mind mapping untuk memotivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, (3) Untuk mengetahui kendala belajar peserta didik dalam menggunakan media mind mapping pada mata pelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti melakukan perpanjangan kehadiran peneliti, trianggulasi, dan diskusi dengan sejawat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa telah diketahui: [1] perencanaan guru dalam menggunakan media pembelajaran mind mapping untuk memotivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu: untuk mengetahui bentuk perencanaan guru dalam menggunakan media mind mapping yaitu dengan mempersiapkan sumber belajar yang nantinya akan dijadikan bahan membuat media mind mapping sebagai rancangan guru dalam suatu proses pembelajaran. [2] pelaksanaan guru dalam menggunakan media mind mapping untuk memotivasi belajar peserta didik pada pelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu: cara guru dalam menggunakan media mind mapping untuk membantu memotivasi belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran tematik, sehingga peserta didik lebih mudah memahami secara ringkas dengan cara menulis catatan-catatan kecil untuk dijadikan ringkasan belajar. [3] kendala peserta didik dalam menggunakan media pembelajaran mind mapping pada pembelajaran tematik di SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yaitu: terbatasnya waktu pembelajaran di kelas yang membuat peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan melalui media mind mapping, serta peran guru dalam mengkondisikan peserta didik agar pembelajaran menjadi terkontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193226 Zahra Adhanur Risky Nafila
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:41
Last Modified: 18 Aug 2023 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38958

Actions (login required)

View Item View Item