ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOME) PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NI’MATUL RIZKY, 17204163081 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOME) PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (862kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (691kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcome) Pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Ni’matul Rizky, NIM. 17204163081, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, pemecahan masalah, taksonomi SOLO. Kemampuan pemecahan masalah matematika sangatlah penting dalam mempelajari matematika. Seorang siswa dianggap mampu memahami konsep yang ada dalam matematika dapat dilihat dari kemampuannya memecahkan masalah matematika. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu penilaian terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dalam penelitian ini untuk menilainya peneliti menggunakan taksonomi SOLO yang mengelompokkan tingkat kemampuan siswa pada lima level berbeda dan bersifat hirarkis yang terdiri dari level prestructural, level unistructural, level multistructural, level relational dan level extended abstract. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa yang berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah berdasarkan taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcome) pada materi aljabar kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa yang berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah berdasarkan taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcome) pada materi aljabar kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol, 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa yang berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah berdasarkan taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcome) pada materi aljabar kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek penelitian diambil 3 siswa kelas VII berdasarkan kemampuan matematika siswa yaitu 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan rendah berdasarkan nilai UTS matematika siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara dengan subjek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara: 1) ketekunan pengamat 2) triangulasi 3) perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa kemampuan matematika tinggi mampu mencapai 3 level dalam taksonomi SOLO yakni unistructural, multistructural dan relational dimana siswa memberikan jawaban dengan benar dan dapat membuat hubungan dari beberapa informasi secara tepat, 2) Siswa kemampuan matematika sedang mampu mencapai 2 level dalam taksonomi SOLO yakni unistructural dan multistructural dimana siswa memberikan jawaban dengan benar, tetapi tidak dapat membuat hubungan dari beberapa informasi secara tepat, 3) Siswa kemampuan matematika rendah mencapai 1 level yakni prastructural yang merupakan level 0 dalam taksonomi SOLO dimana siswa hanya dapat mengerjakan sebagian dari pertanyaan namun tidak sampai hasil akhir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163081 NI'MATUL RIZKY
Date Deposited: 28 Aug 2023 02:57
Last Modified: 28 Aug 2023 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38961

Actions (login required)

View Item View Item