lMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL PADA KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK

AMBAR KUSUMA ASTUTI, 12205193239 (2023) lMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL PADA KELAS RENDAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural Pada Kelas Rendah di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun” ini ditulis oleh Ambar Kusuma Astuti, NIM. 12205193239 Tahun 2023 dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan karakter, Multikultural, Kelas Rendah Skripsi ini dilatar belakangi oleh pernyataan yang terjadi pada praktek pendidikan serta pentingnya penanaman pendidikan karakter yang lebih baik. Pada konteks ini diartikan bahwasannya pembelajaran tidak harus mengedepankan pada aspek kognitif saja, melainkan juga mengupayakan pada aspek afektifnya juga. Hal ini perlu diungkap supaya dapat dapat diketahui sejauh mana proses implementasi pendidikan karakter yang berbasis multikultural lingkungan madrasah tersebut, sehingga berimplikasi bagi terwujudnya karakter peserta didik yang baik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konsep dasar pendidikan karakter berbasis multikultural di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun? 2) Bagaimana proses penanaman nilai karakter pada kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun? 3) Bagaimana praktik pendidikan karakter berbasis multikultural dalam pembelajaran kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah Al Huda Rejowinangun? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Data yang peneliti dapatkan dari Kepala Madrasah, Bagian Kesiswaan, dan Guru Pendamping kelas 1-3. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Paparan data dan analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep dasar pendidikan karakter multikultural di MI Al Huda Rejowinnagun merupakan pembentukan akhlak terhadap individu serta menanamkan pentingnya menghargai setiap perbedaan yang dimiliki individu dengan berlandaskan acuan dasar visi misi dari madrasah untuk titik fokus pelaksanaan. 2) Proses penanaman nilai karakter pada kelas rendah di MI Al Huda Rejowinangun dilaksanakan melalui berbagai program yang dimiliki oleh madrasah seperti ekstrakurikuler, melalui program tersebut peserta didik dapat menanamkan nilai karakter terutama pada karakter multikulturalnya. 3) Praktik pendidikan karakter multikultural dalam pembelajaran kelas rendah di madrasah ibtidaiyah al huda rejowinangun sendiri telah diterapkan. Dalam penerapannya peserta didik melakukan perilaku-perilaku positif saling menghargai, saling menghormati tanpa membedakan satu sama lainnya hal tersebut tentunya dimulai dari guru untuk ditiru paeserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193239 AMBAR KUSUMA ASTUTI
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:59
Last Modified: 18 Aug 2023 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38967

Actions (login required)

View Item View Item