SHINDY SAVIRA WILISTA, 12204193138 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GAME BASED LEARNING MATERI ALJABAR UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan E-modul Berbasis Game Based Learning Materi Aljabar untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Shindy Savira Wilista, NIM. 12204193138, pembimbing Nadya Alvi Rahma, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : E-modul, Game based learning, Aljabar, Disposisi matematis. E-modul adalah bahan ajar mandiri yang disusun secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran yang disajikan dalam bentuk elektronik. E-modul berbasis game based learning perlu dikembangkan agar perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan secara maksimal dan tidak kalah menarik dengan game, sehingga membantu siswa mengatasi kesulitan belajar terutama dalam materi aljabar dan diharapkan dapat meningkatkan disposisi matematis siswa (keinginan, kesadaran, dan dedikasi yang kuat pada diri siswa untuk belajar matematika). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkahlangkah pengembangan e-modul berbasis game based learning pada pokok bahasan aljabar kelas VII, dan mendeskripsikan pengembangan e-modul berbasis game based learning yang valid, praktif dan efektif untuk meningkatkan disposisi matematis siswa kelas VII. E-modul berbasis game based learning ini dibuat dengan aplikasi Flip PDF Comporate Edition dengan format flipbook sehingga tampilannya berupa 3D dan memunculkan suara selayaknya kita membuka buku secara langsung. E-modul ini berisi materi aljabar yang dilengkapi dengan gambar pendukung serta adannya link untuk mengakses game. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model Borg and Gall. Peneliti hanya menggunakan 7 tahapan saja dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya, hal ini sesuai dengan pernyataan Borg bahwa tahapan penelitian dapat disederhanakan menjadi skala kecil. Adapun 7 tahapan tersebut mulai potensi dan masalah, merencanakan penelitian, pengembangan desain, uji coba validitas, revisi hasil validitas, uji coba lapangan dan revisi final kelayakan. Subyek penelitian terdiri dari 5 siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru untuk uji coba kelas kecil dan 50 siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru untuk uji coba lapangan. Intrumen penggumpulan data menggunakan angket, wawancara dan tes. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) e-modul berbasis game based learning ini disusun berdasarkan tahapan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall dengan penyederhanaan 7 tahapan. (2) dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan guru sebesar 77,46%; 77,33%;96%. (3) dinyatakan praktis dengan nilai persentase sebesar 93,73%. (4) e-modul ini dinyatakan efektif dengan menghitung besar pengaruh e-modul terhadap hasil belajar siswa sebesar 79,42% yang berarti pengaruhnya tergolong tinggi. E-modul dinyatakan dapat meningkatkan disposisi matematis siswa dengan persentase setelah penggunaan lebih tinggi dari pada sebelum penggunaan yaitu, 89,04% > 68,58%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183190 Arief Hidayatulloh Afhami |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 08:58 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 08:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38984 |
Actions (login required)
View Item |