STRATEGI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MIN 4 TULUNGAGUNG

LATHIFATUL HUSNA, 12207193128 (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Di MIN 4 Tulungagung” yang ditulis oleh Lathifatul Husna, NIM 12207193128, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Supervisor, Kinerja Guru Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru, melalui kegiatan supervisi yang dilakukan dalam lembaga pendidikan diharapkan kepala sekolah dapat memaksimalkan strategi dalam meningkatkan kinerja guru. Fokus pada penilitian ini adalah 1) Bagaimana formulasi strategi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 4 Tulungagung?, 2) Bagaimana implementasi teknik supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 4 Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 4 Tulungagung?. Dengan Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan formulasi strategi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 4 Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan implementasi teknik supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 4 Tulungagung, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 4 Tulungagung Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dimana peneliti mengumpulkan data-data yang diuraikan secara deskriptif melalui kata- kata dan bukan dengan uraian angka-angka, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, menggunakan dan triagulasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Formulasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 4 Tulungagung, Kepala sekolah sebagai supervisor memiliki formulasi dalam pemahaman mengenai supervisi serta kinerja guru, kepala sekolah serta guru paham akan rumusan dari supervisi dan juga kinerja guru. Perencanaan strategi kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru yang dilakukan di MIN 4 Tulungagung ini berupa pemantauan atau monitoring, monitoring kepala sekolah mendampingi dan membimbing pembuatan RPP ataupun silabus yang dilakukan guru, pengawasan terhadap pelaksanaan pembelajaran, bagaimana guru menyiapkan metode, bahan serta bagaimana guru saat memberikan pembelajaran di kelas yang nantinya hal ini dapat membantu evaluasi dari kepala sekolah. 2) Implementasi teknik supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 4 Tulungagung, Kepala MIN 4 Tulungagung melakukan supervisi untuk meningkatkan kinerja guru menggunakan teknik perseorangan yaitu kunjungan kelas, observasi kelas dan percakapan pribadi. Upaya peningkatan kinerja guru yang dilakukan kepala sekolah antara lain memberikan dorongan kepada para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran, Pengembangan kurikulum, Meningkatkan kompetensi guru dengan mengikut sertakan pelatihan, workshop, atupun diklat. 3) Evaluasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru. Terdapat hambatan dalam melaksanakan supervisi antara lain, kurang adanya waktu dari kepala sekolah, ada beberapa guru yang enggan disupervisi karena merasa sudah benar dan belum sepenuhnya memahami tujuan supervisi, terdapat guru yang masih gagap teknologi terutama guru yang sudah tua. Terdapat faktor pendukung yaitu Adanya kemampuan manajerial kepala madrasah, sarana prasarana yang menunjang, tingkat pendidikan guru, kondisi mental fisik guru, adanya motivasi dari kepala sekolah. Bentuk evaluasi yang dilakukan kepala sekolah yaitu terdapat dalam format SKP (Standar Kinerja Pegawai).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:15
Last Modified: 18 Aug 2023 09:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38985

Actions (login required)

View Item View Item