STRATEGI PEMASARAN DIGITAL SYARIAH DALAM PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA NEW NORMAL PADA DINOVA STORE DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG

MOH. ALBAITUL ILMI NUR FAHMI, 12402193319 (2023) STRATEGI PEMASARAN DIGITAL SYARIAH DALAM PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA NEW NORMAL PADA DINOVA STORE DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ‘’Strategi Pemasaran Digital Syariah Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era New Normal Pada Dinova Store Desa Sumberagung Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung’’ yang diteliti oleh Moh. Albaitul Ilmi Nur Fahmi, NIM. 12402193319, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh UMKM yang perlahan mulai bangkit dan gencar mencari strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi era new normal, untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya dan agar terus berkembang serta untuk meningkatkan daya saing. Dengan melihat peluang tersebut, Dinova Store telah menerapkan strategi pemasaran digital syariah melalui pemanfaatan media sosial instagram dan marketplace shopee untuk meningkatan daya saing UMKM. Dari penelitian ini dapat dilihat bagaimanakah strategi pemasaran digital syariah dalam peningkatkan daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di era new normal pada Dinova Store ini. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran digital syariah Dinova Store? (2) Bagaimana peningkatan daya saing UMKM pasca penerapan pemasaran digital syariah Dinova Store? (3) Bagaimana hambatan dan solusi dalam strategi pemasaran digital syariah Dinova Store? Metode penelitian yang digunakan adalah dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan mereduksi data, memaparkan data, penarikan kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah, sehingga peneliti dapat melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa (1) Strategi pemasaran digital syariah Dinova Store melalui pemanfaatan media sosial instagram dan marketplace shopee, dan berlandaskan syariah dalam menjalankan bisnisnya (2) Peningkatan daya saing UMKM Dinova Store pasca penerapan pemasaran digital syariah dengan meningkatnya omset penjualan yang signifikan, jangkauan pemasaran yang luas dan meningkatkan value toko online Dinova Store dalam penjualan produk terlaris pada marketplace shopee. (3) Hambatan yang dialami UMKM Dinova Store dalam penerapan strategi pemasaran digital syariah yaitu sering terjadinya pembatalan pesanan sepihak, hambatan dalam SDM dan keterlambatan pada pengiriman produk. Solusi yang dilakukan UMKM Dinova Store yakni membuat konten yang menarik, selalu menjaga kepercayaan konsumen, mengadakan program pelatihan pemasaran digital bagi karyawan dan selalu melakukan koordinasi antar karyawan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan teknis. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital Syariah, Daya Saing, UMKM

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:17
Last Modified: 18 Aug 2023 09:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38988

Actions (login required)

View Item View Item