PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTsN 1 BLITAR

LAILATUL FADILAH, 12204193169 (2023) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Lailatul Fadilah, NIM 12204193169, Program Studi Tadris Matematika, UIN Sayyid Ali Rahmaullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Dr. Musrikah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam pembelajaran apalagi dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kemampuan pemecahan masalah akan membantu menangani masalah yang berkaitan dengan matematika. Masalah ini bisa berupa soal word problem atau bukan word problem. Pentingnya kemampuan pemecahan masalah ini diperlukan model pembelajaran yang sesuai yaitu model gueded discovery learning. Pada model pembelajaran ini sisiwa dituntut untuk menemukan sendiri solusinya dan peran guru disini yaitu untuk membimbing siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada soal word problem materi bangun ruang sisi datar di MTsN 1 Blitar dan besar pengaruhnya. 2) Untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada soal bukan word problem materi bangun ruang sisi datar di MTsN 1 Blitar dan besar pengaruhnya. 3) Untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada soal word problem dan soal bukan word problem materi bangun ruang sisi datar di MTsN 1 Blitar dan besar pengaruhnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siwa kelas VIII MTsN 1 Blitar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 dan VIII-8. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembar tes. Dalam penelitian menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal word problem materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTsN 1 Blitar. Berdasarkan uji Cohen besar pengaruhnya yaitu 0.0575 dikategorikan sedang. 2) Ada pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada soal bukan word problem materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTsN 1 Blitar. Berdasarkan uji Cohen besar pengaruhnya yaitu 0.0592 dikategorikan sedang. 3) Ada pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada soal word problem dan soal bukan word problem materi bangun ruang sisi datar di MTsN 1 Blitar. Berdasarkan uji Cohen besar pengaruhnya yaitu 0.0583 dikategorikan sedang

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:28
Last Modified: 18 Aug 2023 09:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/38990

Actions (login required)

View Item View Item